Profil Ronald Koeman, Calon Pelatih Baru Barcelona

Kompas.com - 18/08/2020, 09:45 WIB
Pelatih kepala Belanda Ronald Koeman menghadiri konferensi pers menjelang pertandingan kualifikasi sepak bola Euro 2020 antara Jerman dan Belanda di Hamburg, Jerman utara, pada 5 September 2019. AFP/PATRIK STOLLARZPelatih kepala Belanda Ronald Koeman menghadiri konferensi pers menjelang pertandingan kualifikasi sepak bola Euro 2020 antara Jerman dan Belanda di Hamburg, Jerman utara, pada 5 September 2019.

KOMPAS.com - Kekalahan memalukan 2-8 dari Bayern Muenchen pada perempat final Liga Champions menjadi penanda akhir karier Quique Setien di Barcelona. Sebagai pengganti Setien, Ronald Koeman disebut bakal merapat ke Camp Nou.

Senin (17/8/2020) malam waktu setempat atau Selasa dini hari WIB, Barcelona resmi memecat Quique Setien. Eks pelatih Real Betis itu hanya diberi waktu delapan bulan untuk melatih Lionel Messi dkk.

Kalah dari Real Madrid dalam perburuan gelar La Liga 2019-2020 lalu dihancurkan Bayern Muenchen di Liga Champions membuat petinggi Barcelona tak memberi ampun kepada Setien.

Sejumlah nama dikabarkan sedang diincar Barcelona untuk menjadi pelatih anyar, mulai dari Mauricio Pochettino, Ronald Koeman, hingga legenda klub, Xavi Hernandez.

Namun, petinggi Barcelona dilaporkan memilih Ronald Koeman sebagai nakhoda baru klub berjulukan Blaugrana tersebut.

Baca juga: Ronald Koeman: Semua Orang Tahu Melatih Barcelona adalah Impian Saya

"Ronald Koeman telah dipilih sebagai manajer baru Barcelona. Dia akan meninggalkan timnas Belanda untuk bergabung dengan Barca," tulis pakar transfer Fabrizio Romano di Twitter, beberapa jam sebelum Barcelona mengumumkan pemecatan Setien.

Hingga saat ini, Koeman memang masih tercatat sebagai pelatih timnas Belanda, pekerjaan yang sudah ia jalani sejak Februari 2018.

Sebelum melatih timnas Belanda, pria kelahiran Zaandam itu pernah menukangi Ajax Amsterdam, Benfica, PSV Eindhoven, Feyenoord, serta Valencia.

Selain itu, Koeman juga pernah mencoba peruntungan di Liga Inggris dengan melatih Southampton (2014-2016) dan Everton (2016-2017).

Bagi Barcelona, Koeman bukanlah orang asing. Sebab, mantan bek tangguh itu pernah berseragam Blaugrana pada periode 1989–1995.

Baca juga: 9 Hal yang Harus Dibenahi Ronald Koeman di Barcelona

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X