Teknologi Ini Buat Stadion di LaLiga Terlihat Penuh dan Ramai Meski Aslinya Kosong

Kompas.com - 09/07/2020, 14:00 WIB
Perbedaan antara di dalam stadion (kiri) dengan yang ditampilkan lewat layar kaca (kanan). Dok. LaLigaPerbedaan antara di dalam stadion (kiri) dengan yang ditampilkan lewat layar kaca (kanan).

KOMPAS.com - Pandemi virus corona yang Planet Bumi mengubah tatanan dunia saat ini. Semua orang membuat protokol kesehatan menjadi hal paling penting dalam segala aktivitas, termasuk olahraga.

Di dunia sepak bola, sebuah kompetisi bisa bergulir dengan syarat protokol kesehatan ditaati secara ketat.

LaLiga, kasta tertinggi Liga Spanyol, contohnya. Tak ada satu pun penonton yang dibolehkan untuk datang ke stadion. Alhasil, tribun suporter kosong melompong.

Kekosongan tribun tersebut nyatanya sedikit merusak pesona dan suasana sepak bola di layar kaca.

Baca juga: Persaingan Gelar Juara Liga Spanyol, Barcelona Berharap Real Madrid Kalah

Hal itu membuat pihak LaLiga membuat sebuah inovasi. Mereka bekerja sama dengan VIZRT dan EA SPORTS.

Tiga pihak tersebut berupaya untuk menciptakan suasana sepak bola mirip dengan aslinya secara virtual.

Tidak hanya gambar, juga efek suara menyerupai pendukung untuk menciptakan suasana artificial layaknya stadion yang dipenuhi oleh para pendukung di saat suporter tidak bisa hadir secara langsung.

Melansir Marca, LaLiga, VIZRT, dan EA SPORTS menggunakan teknologi Mediapro 3D yang dibantu dengan kamera-kamera canggih di tiap ujung stadion.

Baca juga: Kemenangan Barcelona dengan Momen Messi-Griezmann Berpelukan Dicibir Pelatih

"Kami memiliki sejarah menjadi yang terdepan dalam hal penyiaran," kata Direktur Komunikasi LaLiga, Joris Evers, dalam siaran persnya.

"Kami telah menjadi pionir dari berbagai teknologi untuk membuat LaLiga terlihat hebat di layar kaca dan memberikan penggemar mereasa dekat dengan pertandingan, di mana pun mereka berada."

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X