10 Tahun Berlalu, Pemain Ghana Tak Bisa Maafkan Handball Suarez

Kompas.com - 02/07/2020, 21:01 WIB
Luis Suarez menghentikan bola dengan tangannya dalam laga Ghana vs Uruguay di pentas Piala Dunia 2010, 2 Juli 2010, di Johannesburg. JORGE REYES/MEXSPORT DIGITAL/MEXSPORT VIA AFPLuis Suarez menghentikan bola dengan tangannya dalam laga Ghana vs Uruguay di pentas Piala Dunia 2010, 2 Juli 2010, di Johannesburg.

KOMPAS.com - Luis Suarez pernah menjadi musuh satu negara akibat ulahnya menghentikan 'gol kemenangan' timnas Ghana dengan tangannya.

Aksi Luis Suarez di perempat final Piala Dunia 2010 Afrika Selatan kontra Ghana tercatat sebagai pahlawan bagi timnas dan negaranya, Uruguay.

Akan tetapi, tidak untuk Ghana. Aksi pemain Barcelona tersebut seakan menjadi dosa abadi dan dianggap kriminal dalam sejarah olahraga di negara mereka.

Bola yang seharusnya benar-benar menjadi gol pada injury time babak kedua, terhenti di tangan Suarez.

Baca juga: Celta Vigo Vs Barcelona Imbang, Suarez Minta Setien Introspeksi

Ghana sebenarnya memiliki kesempatan emas lewat hadiah penalti, tetapi sepakan sang eksekutor, Gyan Asamoah, membentur bagian luar mistar gawang dan gagal berbuah gol.

Nasib malang kembali diterima Ghana, mereka kalah adu penalti dengan Uruguay, 2-4, setelah imbang 1-1 di waktu normal dan extra time.

"Bagi saya, laga melawan Uruguay adalah pertandingan yang kami menangkan," jelas bek Ghana, John Paintsil, dikutip BBC.

Namun kenyataanya, laga berakhir pahit bagi Ghana. "Kami dicurangi," ucap Paintsil tak terima.

Baca juga: Liverpool Juara Liga Inggris, Luis Suarez Turut Bahagia

"Untuk menghentikan bola ke dalam gawang dengan tangan Anda, itu seharusnya menjadi gol," jelasnya.

Paintsil juga menegaskan kejadian itu tak akan pernah dilupakan oleh masyarakat Ghana sampai kapan pun.

Halaman:

Sumber BBC
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X