Pordasi Tetapkan 6 Juni sebagai Hari Olahraga Berkuda Nasional

Kompas.com - 07/06/2020, 16:10 WIB
Atlet berkuda dari Kurnia Stable Jakarta, Muhammad Akbar Kurniawan. Dok. Muhammad Akbar KurniawanAtlet berkuda dari Kurnia Stable Jakarta, Muhammad Akbar Kurniawan.

KOMPAS.com - Pengurus Pusat Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (PP Pordasi) telah menetapkan tanggal 6 Juni sebagai Hari Olahraga Berkuda Nasional.

Penetapan itu termaktub dalam Piagam Deklarasi yang dibacakan pada Sabtu (6/6/2020) kemarin pada sesi rapat virtual PP Pordasi.

Ketua Umum PP Pordasi, Triwatty Marciano, berharap peringatan itu bisa memasyarakatkan olahraga berkuda dari Sabang sampai Merauke.

Baca juga: Gelar Rakernas Virtual, PP Pordasi Fokus Tingkatkan Prestasi Berkuda Indonesia

Dengan demikian, target Pordasi untuk meningkatkan prestasi olahraga berkuda nasional bisa terwujud.

"Nantinya akan diperingati setiap tahunnya oleh seluruh anggota Pordasi dan insan olahraga berkuda di Tanah Air setiap tahunnya," ujar Triwatty.

Triwatty juga jelaskan bagaimana awal cerita penetapan 6 Juni sebagai Hari Olahraga Berkuda Nasional.

Menurutnya, aspirasi untuk mendeklarasikan Hari Olahraga Berkuda Nasional muncul ketika Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Virtual yang digelar 19-20 Mei 2020.

"Alhamdulillah semua peserta rakernas virtual Pordasi menyepakatinya dan dimasukkan dalam salah satu butir dalam perubahan AD/ART Pordasi tahun 2020," ujar dia.

Sejarah

Kesepakatan memilih tanggal 6 Juni sendiri tidak terlepas dari sejarah olahraga berkuda di Indonesia.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X