Jadwal F1 2020 Setelah Grand Prix Perancis Resmi Dibatalkan

Kompas.com - 28/04/2020, 05:00 WIB
Formula 1 Bahrain 2020 akan berjalan tanpa penonton. (Photo by Andrej ISAKOVIC / AFP) ANDREJ ISAKOVICFormula 1 Bahrain 2020 akan berjalan tanpa penonton. (Photo by Andrej ISAKOVIC / AFP)

KOMPAS.com - Grand Prix (GP) Perancis pada ajang Formula 1 ( F1) 2020 yang seharusnya digelar mulai 28 Juni di Le Castellet resmi dibatalkan karena pandemi Covid-19.

Kepastian itu diketahui lewat peryataan resmi penyelenggara yang diunggah di laman resmi Formula 1, Senin (27/4/2020) sore WIB.

Dengan demikian, GP Perancis menjadi balapan kesepuluh F1 yang terdampak virus corona.

"Penyelenggara Grand Prix Perancis telah mengonfirmasi bahwa ajang tersebut tidak akan berlangsung pada 2020, mengingat pandemi virus corona."

"Perlombaan itu dijadwalkan berlangsung di Sirkuit Paul Ricard pada akhir Juni, tetapi para pejabat mengumumkan pada Senin (27/4/2020) bahwa pemerintah Perancis melarang semua acara besar hingga setidaknya pertengahan Juli, ditambah dengan pembatasan perjalanan yang diberlakukan."

"Guna membantu mencegah penyebaran virus corona, maka Grand Prix Perancis tidak akan bisa berjalan sesuai rencana," demikian pernyataan resmi F1.

Baca juga: Balap F1 Inggris Bakal Tanpa Penonton

Pembatalan GP Perancis membuat jadwal F1 musim 2020 kembali berubah.

Bos Formula 1, Chase Carey, berharap bisa memulai balapan pada Juli di Austria dan mengakhirinya di Abu Dhabi pada Desember mendatang.

"Kami menargetkan untuk memulai balapan di Eropa pada Juli, Agustus, dan awal September, dengan balapan pertama bertempat di Austria pada akhir pekan 3-5 Juli," Kata Carey, seperti dikutip Antara News dari AFP.

"Adapun untuk balapan yang digelar di sirkuit Eurasia, Asia dan Amerika Serikat akan dihelat pada September, Oktober dan November, dengan seri pamungkas di Abu Dhabi," tutur dia menambahkan.

Baca juga: Sempat Dikabarkan Bakal Keluar dari F1, Ferrari Buka Suara

Berikut jadwal F1 2020 terbaru setelah GP Perancis resmi dibatalkan:

15 Maret: Melbourne, Australia - Dibatalkan
22 Maret: Sakhir, Bahrain - Ditunda
5 April: Hanoi, Vietnam - Ditunda
19 April: Shanghai, China - Ditunda
3 Mei: Zandvoort, Belanda - Ditunda
10 Mei: Barcelona, Spanyol - Ditunda
24 Mei: Monako - Dibatalkan
7 Juni: Baku, Azerbaijan - Ditunda
14 Juni: Montreal, Kanada - Ditunda
28 Juni: La Castellet, Perancis - Dibatalkan

Masih seusai rencana:

5 Juli: Spielberg, Austria
19 Juli: Silverstone, Inggris
2 Agustus: Budapest, Hungaria
30 Agustus: Spa-Francorchamps, Belgia
6 Septemper: Monza, Italia
20 September: Marina Bay, Singapura
27 September: Sochi, Rusia
11 Oktober: Suzuka, Jepang
25 Oktober: Austin, Amerika Serikat
1 November: Meksiko
15 November: Sao Paulo, Brasil
20 November: Yas Marina, Abu Dhabi.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X