Glenn Fredly dan Misinya Menjadikan Sepak Bola sebagai Alat Perdamaian

Kompas.com - 08/04/2020, 21:46 WIB
Tompi, pemain timnas Indonesia Egy Maulana Vikri, dan Glenn Fredly INSTAGRAM.com/GLENNFREDLY309Tompi, pemain timnas Indonesia Egy Maulana Vikri, dan Glenn Fredly

KOMPAS.com - Dunia permusikan Tanah Air tengah berduka. Musisi Glenn Fredly meninggal dunia pada Rabu (8/4/2020).

Kabar ini dikonfirmasi oleh vokalis sekaligus aktivis Kadri Mohammad.

"Glenn meninggal sekitar jam 6 habis magrib di Rumah Sakit Setia Mitra. Penyakitnya meningitis, itu yang saya dapat dari manajemen dan yang lain-lain," ujar Kadri.

Namun, siapa sangka, di balik pekerjaannya sebagai musisi, Glenn ternyata juga pernah berjasa bagi persepakbolaan Indonesia.

Baca juga: Glenn Fredly dan Inspirasi Luar Biasa dari Asian Para Games 2018

Musisi asal Ambon, Maluku, itu percaya, sepak bola adalah produk budaya, dan budaya bisa menjadi kekuatan untuk perubahan.

Lewat film "Cahaya dari Timur" yang diproduserinya, Glenn ingin menyampaikan bahwa sepak bola bisa menjadi alat perdamaian.

"Di sini, saya menyampaikan bahwa sepak bola bisa menjadi misi perdamaian," tutur Glenn di Hotel Sunan, Solo, pada 2012.

"Demikian pula seni budaya, dapat menjadi jembatan untuk mencari jalan keluar bagi persoalan bangsa,” kata Glenn melanjutkan.

Dalam beberapa kesempatan, Glenn juga terlihat mengikuti perkembangan sepak bola nasional.

Pada 24 Januari 2018 misalnya, ia bertemu dengan Egy Maulana Vikri, pemain timnas Indonesia yang kini merumput di Eropa bersama Lechia Gdansk.

Baca juga: Harapan Glenn Fredly dan Karier Egy Maulana Vikri di Eropa...

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X