Saran Hristo Stoichkov: Liga Spanyol Diakhiri dan Barcelona Juara

Kompas.com - 06/04/2020, 17:00 WIB
Lionel Messi dan Sergio Ramos terlibat duel dalam laga Barcelona vs Real Madrid di Stadion Camp Nou, Rabu (18/12/2019) atau Kamis dini hari WIB. AFP/LLUIS GENELionel Messi dan Sergio Ramos terlibat duel dalam laga Barcelona vs Real Madrid di Stadion Camp Nou, Rabu (18/12/2019) atau Kamis dini hari WIB.

KOMPAS.com - Hristo Stoichkov menyarankan agar La Liga mengakhiri kompetisi musim ini dan menobatkan Barcelona sebagai juara.

Sebelum La Liga Spanyol dihentikan akibat pandemi corona, Barcelona masih berada di puncak klasemen dengan koleksi 58 poin dari 27 laga.

Lionel Messi dkk unggul dua angka dari Real Madrid yang menempati peringkat kedua.

Adapun, tiga tim yang menghuni zona degradasi adalah Real Mallorca (25 poin), Leganes (23), dan Espanyol (20).

Baca juga: Jika Ikuti Liga Belgia, Barcelona Bakal Dinobatkan sebagai Juara Liga Spanyol

Menurut Stoichkov, mengakhiri musim lebih cepat dan memberikan gelar juara LaLiga Spanyol 2019-2020 kepada Barcelona adalah pilihan yang adil.

Dengan melihat jumlah sisa pertandingan LaLiga dan situasi yang sedang terjadi di Spanyol saat ini, Stoichkov berpendapat bahwa mengakhiri kompetisi merupakan solusi yang tepat.

Hanya saja, mantan pemain yang membela Barcelona pada periode1990-1995 dan 1996-1998 itu meminta aturan soal promosi dan degradasi diubah.

"Jika melihat situasi seperti ini dan pertandingan yang telah dimainkan, itu akan lebih adil jika LaLiga musim ini diakhiri sekarang juga," ujar Stoichkov seperti dikutip dari Goal.

Baca juga: Pandemi Corona, Klub-klub Liga Spanyol Didesak Pangkas Gaji Pemain

"Jadi, liga bisa selesai sebagaimana posisi mereka saat ini, dengan tidak ada tim yang terdegradasi dan dua tim teratas dari divisi dua promosi. Ini akan membuat liga (musim depan) dihuni 22 tim," kata Stoichkov menambahkan.

Saat ini, Cadiz dan Real Zaragoza merupakan dua tim teratas Segunda Division atau kasta kedua Liga Spanyol.

Menurut Stoichkov kedua tim itu layak promosi karena telah berjuang keras dan memenangi banyak pertandingan.

Baca juga: Prioritas RFEF, Selesaikan Liga Spanyol Musim 2019-2020

"Mereka telah berjuang dan memenangi banyak pertandingan," kata Stoichkov menegaskan.

Spanyol kini tercatat sebagai negara dengan kasus corona (Covid-19) terbesar di Eropa.

Berdasarkan data Worldometers per Senin (6/4/2020), telah dikonformasi ada 131.646 kasus Covid-19 di Spanyol dengan korban meninggal mencapai 12.641 jiwa dan 38.080 dinyatakan sembuh.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Sumber Goal
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X