Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pandemi Covid-19, Liga Australia Akhirnya Ditangguhkan Juga

Kompas.com - 24/03/2020, 16:40 WIB
Nirmala Maulana Achmad

Penulis

KOMPAS.comLiga Australia akhirnya ditangguhkan setelah pemerintah menerapkan aturan ketat dalam beberapa hari terakhir terkait wabah Covid-19.

Kabar itu disampaikan oleh Federasi Sepak Bola Australia (FFA), Selasa (24/3/2020).

"Keputusan yang diambil tadi malam, diumumkan pagi ini, merupakan hasil dari ditingkatkan status (waspada) negara bagian dan nasional saat ini, pada khususnya di daerah-daerah kontrol perbatasan yang diimplementasikan di sejumlah negara bagian dan juga Selandia Baru," kata Ketua FFA, James Johnson.

Baca juga: Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi Disarankan Pindah ke Liga Belarusia

Dikutip dari Antaranews, sejumlah wilayah di Australia telah memberlakukan larangan bepergian dari satu negara bagian ke negara bagian lain.

Kasta tertinggi Liga Australia, A-League, masih menyisakan enam gameweek lagi sebelum dimulai fase playoff pada Mei mendatang.

Pihak FFA yang memerlukan pemasukan dari siaran langsung sempat berupaya agar kompetisi terus berlanjut.

Mereka bahkan melobi tim Liga Australia asal Selandia Baru, Wellington Phoenix, agar bermarkas di Australia untuk sementara supaya tidak terkena larangan bepergian dari negara asal.

Namun, "lockdown" yang diterapkan Australia dalam beberapa hari terakhir memaksa FFA mengambil keputusan menangguhkan kompetisi.

"Sebagai kompetisi nasional, kompetisi yang dimainkan di hampir seluruh wilayah Australia dan juga Selandia Baru, misi yang sulit berubah menjadi misi yang mustahil," kata James Johnson melanjutkan.

Baca juga: Liga Australia Jalan Terus di Tengah Pandemi Corona

Sebelumnya, pihak FFA sempat bersikeras tetap melanjutkan Liga Australia di tengah pandemi corona, namun digelar tanpa penonton.

"Skala sepak bola berarti bahwa kita memiliki peran kunci untuk menjaga kesehatan dan kesejahteraan orang Australia, serta keluarga mereka dan masyarakat luas," kata James Johnson, 16 Maret silam.

"Kami melakukannya dengan memperbolehkan orang bermain (sepak bola), sejalan dengan pemerintah saat ini, tetapi dengan panduan tambahan untuk meingkatkan jarak sosial di lapangan sepak bola di seluruh negeri," ucapnya melanjutkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com