Dampak Covid-19, Olimpiade Tokyo 2020 Bakal Ditunda

Kompas.com - 24/03/2020, 04:36 WIB
Logo Olimpiade Tokyo 2020 ShutterstockLogo Olimpiade Tokyo 2020

KOMPAS.com - Maraknya penyebaran virus corona atau Covid-19 telah berdampak pada keberjalanan kompetisi olahraga, termasuk multi-ajang terbesar di dunia, Olimpiade 2020 yang akan digelar di Tokyo, Jepang.

Berdasarkan pemberitaan USA Today, Olimpiade Tokyo 2020 dikabarkan bakal ditunda, kemungkinan hingga 2021.

Hal tersebut diketahui lewat pernyataan salah satu anggota Komite Olimpiade Internasional ( IOC), Dick Pound.

"Berdasarkan informasi yang dimiliki IOC, penundaan telah diputuskan," ucap Pound dalam wawancara telepon bersama USA Today.

"Parameter ke depan belum ditentukan, tetapi Olimpiade tidak akan dimulai pada 24 Juli (tanggal awal), itu yang saya tahu," tutur dia menambahkan.

Baca juga: Legenda Atletik Sarankan Olimpiade Ditunda 2 Tahun

Sebelum kabar ini muncul ke publik, IOC sempat dihadapkan dengan beberapa negara peserta yang mendesak agar perhelatan empat tahunan itu ditunda.

Bahkan, salah satu negara, yakni Kanada, mengancam tidak akan mengirim perwakilan jika Olimpiade Tokyo 2020 tetap digelar seusai jadwal.

Menurut Komite Olimpiade Kanada (COC), keputusan itu diambil setelah berkoordinasi dengan Komite Paralimpiade Kanada (CPC), yang didukung oleh komisi atlet, serta Pemerintah Kanada.

"Kami telah membuat keputusan sulit untuk tidak mengirim tim pada Olimpiade dan Paralimpiade musim panas 2020," bunyi pernyataan dari COC, dikutip dari Antara, Senin (23/3/2020).

Baca juga: Ancaman Kanada jika Olimpiade 2020 Tak Ditunda

Sejatinya, Presiden IOC, Thomas Bach, telah mengatakan bahwa keputusan mengenai kepastian jadwal penyelenggaraan Olimpiade 2020 akan ditentukan dalam empat minggu ke depan.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Sumber USA Today
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X