Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

APRC Asia Rally Cup 2023 - Sean/Hugo Taklukkan Reli Danau Toba

KOMPAS.com - Pasangan pereli Indonesia-Portugal, Sean Gelael dan Hugo Magalhaes, menang impresif pada ajang Reli Danau Toba - APRC Asia Rally Cup 2023 yang berakhir pada Minggu (24/9/2023).

Sean Gelael dengan kombinasi pengalaman di trek reli dan kendaraannya terbukti memiliki kecepatan yang sejauh ini masih di atas para pebalap Tanah Air.

Hal itu terlihat di aksi pada lintasan di Parapat, Danau Toba, tersebut di mana Sean selalu jadi terdepan di setiap SS (Special Stage) yang diikuti.

Satu-satunya SS di mana Sean tidak terdepan kalah adalah pada SS4 di Negeri Dolok di mana dia melintir dan sempat kandas sejenak sebelum melakukan recovery dan melanjutkan lomba.

Selebihnya, Sean/Hugo selalu unggul pada reli yang merupakan putaran ketiga Kejurnas Reli Indonesia dan putaran kelima Asia Pacific Rally Championship (APRC) tersebut.

Hanya, keunggulan itu tidak terlihat semencolok seperti tahun-tahun sebelumnya.

"Kami memang menghindari potensi masalah, Danau Toba Rally kali ini tergolong kejam di mana banyak pebalap mengalami pecah ban," kata Hugo.

Pada akhirnya, perjuangan Sean/Hugo tuntas di Huta Tonga Reverse. Mereka mengukuhkan diri sebagai pemenang dengan hasil akhir unggul 3 menit 24,9 detik atas H Rahmat/Hade Mboi yang juga menggeber Hyundai i20.

"Saya senang akhirnya bisa menang lagi di Reli Danau Toba. Saya dan Hugo memang tak mau peristiwa di mana dulu kami sudah unggul jauh tapi kemudian mengalami masalah sehingga gagal," ujar Sean.

"Tak lupa saya mengucapkan terima kasih kepada tim, orang tua, dan semua pihak yang telah terlibat pada reli ini, terutama sponsor."

Satu mobil lagi sebagai perwakilan Jagonya Ayam Motorsport, Citroen C3 Rally2 yang digeber oleh Ricardo Gelael/Gabriel Morales finis di peringkat 10.

"Saya akui memang sudah berusaha maksimal, tapi usia tak bisa bohong. Terlebih pada SS terakhir ban saya pecah jadi tak bisa menyusul lawan seperti niat awal," kata Ricardo yang notabene ayah Sean.

Putaran terakhir Kejurnas masih digelar di Danau Toba, yang juga merupakan putaran final APRC 2023, pada akhir November.

Hasil Akhir Danau Toba Rally - APRC
1. Sean Gelael/Hugo Magalhaes (Hyundai i20 N Rally2) 1:21:53,5
2. H. Rahmat/Hade Mboi (Hyundai i20 N Rally2) +3:24,9
3. Musa Rajekshah/Hervian Soejono (Skoda Fabia Rally2) +3:39,5
...
10. Ricardo Gelael/Gabriel Morales (Citroen C3 Rally2) +19:04,4

https://www.kompas.com/sports/read/2023/09/24/20142158/aprc-asia-rally-cup-2023-sean-hugo-taklukkan-reli-danau-toba

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke