Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

FIBA World Cup 2023: Saat Spanyol Benci Disebut Juara Bertahan...

KOMPAS.com – Pelatih timnas basket Spanyol, Sergio Scariolo, mengatakan bahwa dirinya tidak senang soal predikat juara bertahan dalam ajang FIBA World Cup 2023.

Spanyol berstatus juara bertahan seusai berhasil mengangkat trofi pada Piala Dunia Basket edisi 2019.

Saat itu, timnas basket Spanyol menjuarai FIBA World Cup 2019 setelah membekuk Argentina dengan skor 95-75 di partai final.

Ini menjadi kali kedua Spanyol naik podium tertinggi dalam FIBA World Cup. Sebelumnya, La Familia juara pada tahun 2006.

Oleh karena itu, Spanyol dianggap sebagai tim yang diunggulkan pada FIBA World Cup 2023.

Meski begitu, Sergio Scariolo tidak suka apabila Spanyol disebut dengan julukan juara bertahan dalam FIBA World Cup 2023.

Pasalnya, menurut Sergio Scariolo, Spanyol bakal memulai turnamen FIBA World Cup 2023 dengan kondisi sepenuhnya baru.

“Sejujurnya, saya benci dengan definisi juara bertahan atau apa pun,” kata Sergio Scariolo dalam sesi konferensi pers yang dihadiri Kompas.com di Indonesia Arena pada Kamis (24/8/2023) siang WIB.

“Kami tidak mempertahankan apa pun. Setiap tim memulai kompetisi dari nol. Kami memang bangga bisa melampaui ekspetasi dalam ajang terakhir,” tuturnya.

Menurut Sergio Scariolo, Spanyol lebih berfokus untuk melewati babak penyisihan grup. Setelah itu, La Familia bakal berupaya tembus perempat final.

“Pertama-tama, kami mesti melewati penyisihan grup. Kedua, yang menjadi pencapaian besar adalah menembus perempat final,” tutur dia.

“Ini tujuan yang kami (timnas basket Spanyol) miliki sekarang (di FIBA World Cup 2023),” kata pelatih berumur 62 tahun itu.

Kapten timnas Spanyol, Rudy Fernandez, menyetujui pernyataan Sergio Scariolo. Ia mengatakan, setiap turnamen memiliki perbedaan tersendiri.

Rudy Fernandez pun menekankan bahwa timnas Spanyol sudah sepenuhnya siap menghadapi FIBA World Cup 2023.

“Saya setuju dengan pelatih (Sergio Scariolo). Saya pikir setiap turnamen berbeda,” kata dia menjelaskan.

“Kami berada di sini untuk pertandingan pertama. Kami akan lihat apakah tim bakal siap untuk turnamen ini,” kata dia.

“Saya pikir, kami mempersiapkan diri dengan baik di pramusim. Sekarang, kami harus mencoba selangkah demi selangkah dan kita akan lihat,” tutur dia.

Adapun Spanyol bakal melakoni pertandingan perdana melawan Pantai Gading dalam fase penyisihan Grup G FIBA World Cup 2023.

Laga Pantai Gading vs Spanyol dalam jadwal FIBA World Cup 2023 bakal bergulir di Indonesia Arena, Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, pada Sabtu (26/8/2023).

https://www.kompas.com/sports/read/2023/08/24/14205388/fiba-world-cup-2023-saat-spanyol-benci-disebut-juara-bertahan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke