Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Timnas Hoki Indonesia Ukir Sejarah di SEA Games, Raih Emas dan Runtuhkan Dominasi Malaysia

KOMPAS.com - Timnas hoki putra Indonesia mencetak sejarah di SEA Games. Untuk pertama kalinya, Indonesia meraih emas di cabang olahraga hoki kategori indoor putra.

Timnas hoki indoor putra Indonesia menjuarai SEA Games 2023 usai menaklukkan Malaysia pada laga final di Dinosaur Hall Phnom Penh, Minggu (7/5/2023).

Kemenangan tersebut diraih secara dramatis. Sebab, Indonesia sempat tertinggal 0-3 lebih dulu, sebelum menayamakan kedudukan menjadi 3-3.

Bahkan, Bahkan gol ketiga Indonesia yang dicetak oleh Muhammad Alfiana tercipta pada 9 detik menuju akhir pertandingan.

Skor imbang membuat pertandingan harus dituntaskan melalui adu penalti.

Pada babak adu penalti, Indonesia unggul 2-1 atas Malaysia lewat Prima Rinaldi dan Andre Guntara.

Keberhasilan timnas hoki putra Indonesia ini bernilai sejarah. Untuk pertama kalinya, Indonesia meraih emas di cabang olahraga hoki kategori indoor putra SEA Games.

Selain itu, kemenangan Indonesia di partai final tersebut meruntuhkan dominasi Malaysia di cabor hoki indoor.  

Sebelumnya, sejak hoki indoor dipertandingkan pada SEA Games 2017 di Kuala Lumpur, Malaysia selalu meraih medali emas pada sektor putra.

Atas keberhasilan ini Pengurus Pusat Federasi Hoki Indonesia (PP FHI) mengapresiasi kerja keras seluruh pemain yang berbuah medali emas sekaligus sejarah untuk Hoki Indoor Putra Indonesia. 

"Luar biasa perjuangan anak-anak yang tidak pernah menyerah dalam menghadapi pertarungan ketat," tutur Sekjen Pengurus Pusat Federasi Hoki Indonesia (PP FHI), Yasser Arafat Suaidy, dalam rilis yang diterima Kompas.com, Senin (8/5/2023).

"Mereka telah mencatat sejarah pertama kali membawa Timnas Hoki Indoor Indonesia sebagai juara pada SEA Games 2023 Kamboja ini dan mereka meruntuhkan nama besar Malaysia sebagai Raja hoki indoor putra Asia Tenggara," imbuhnya.

Sementara itu, Chef de Mission (CdM) Tim Indonesia di SEA Games 2023 Kamboja, Lexyndo Hakim, mengucapkan selamat atas keberhasilan Timnas Hoki Indoor Putra yang sukses memutus dominasi Malaysia. 

Menurut sosok yang akrab Lexy tersebut, kesuksesan timnas hoki indoor putra ini merupakan bukti bahwa pembinaan olahraga beregu Tim Indonesia telah mengalami peningkatan. 

Dia pun berharap prestasi timnas hoki indoor putra Indonesia bisa menjadi keran medali emas bagi olahraga beregu lainnya.

"Selamat atas keberhasilan Timmas Hoki Indoor Putra yang sukses mencetak sejarah di SEA Games dengan meraih emas untuk pertama kalinya," kata Lexy. 

"Prestasi ini membuktikan bahwa pembinaan olahraga beregu Indonesia semakin meningkat dan menunjukkan bahwa bangsa kita adalah bangsa yang kompak, karena olahraga beregu dibutuhkan kekompakan atau kerja sama yang baik," ujar Lexy. 

"Selamat atas catatan sejarah baru untuk tim hoki indoor Indonesia. SEA Games 2023 Kamboja adalah gerbang awal untuk prestasi membanggakan selanjutnya. Indonesia bangga!" tutur Lexy mengakhiri. 

https://www.kompas.com/sports/read/2023/05/08/17300058/timnas-hoki-indonesia-ukir-sejarah-di-sea-games-raih-emas-dan-runtuhkan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke