Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Hasil Timnas U20 Indonesia Vs Selandia Baru 1-2: Garuda Muda Kalah dari 10 Pemain

KOMPAS.com - Timnas U20 Indonesia harus mengakui keunggulan Selandia Baru dengan skor 1-2 dalam mini turnamen jelang Piala Asia U20 2023.

Laga timnas U20 Indonesia vs Selandia Baru telah bergulir di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Minggu (19/2/2023) malam WIB.

Gol tim tamu dicetak oleh Oliver John Colloty (58') dan Jay Joshua Herdman (70').

Berkat hasil tersebut, skuad Garuda Muda untuk kali pertama meneklan kekalahan. Sebelumnya, mereka menang 4-0 atas Fiji.

Adapun satu biji gol Indonesia dibuat oleh Muhammad Ferarri pada injury time, tepatnya menit ke-90+3. Dia memanfaatkan umpan dari tendangan pojok.

Jadwal timnas U20 Indonesia selanjutnya yakni menghadapi Guatemala pada Rabu (22/2/2023) malam WIB di venue yang sama.

Wasit Fariq Hitaba mengeluarkan satu kartu merah kontroversial untuk kapten Selandia Baru, Isaac Robert Hughes, karena telah memeroleh dua kartu kuning.

Isaac mendapat kartu merah lantaran dianggap membuang-buang waktu pada menit-menit akhir (88'). Dia sejatinya akan ditarik keluar oleh pelatih Selandia Baru, Darren Shaun Bezzeley. Namun, karena kartu merah yang didapat, pergantian pemain tersebut dibatalkan.

Ulasan Pertandingan

Babak pertama

Indonesia cukup kesulitan menembus pertahanan Selandia Baru pada babak pertama. Skuad Garuda Muda banyak melakukan sepakan dari luar kotak penalti karena sulitnya masuk area pertahanan lawan.

Sepakan-sepakan luar kotak penalti yang berbahaya dibuat oleh Arkhan Fikri dan Frengky Missa.

Sepakan Frengky Missa (38') sempat menggetarkan mistar gawang Selandia Baru. Sebab, bola memantul dari mistar gawang, tetapi kemudian dapat diamankan pemain lawan.

Indonesia sempat kehilangan penguasaan bola ketika menit 10-30. Selandia Baru tampil tenang kala itu.

Selandia Baru memiliki peluang berbahaya pada menit ke-28 lewat set piece sepakan pojok yang mengarah langsung ke gawang. Tangkapan kiper Cahya Supriadi luput, bola berhasil ditanduk oleh Jay Joshua Herdman.

Memasuki menit-menit akhir, Arkhan Fikri cs tampil lebih menekan. Mereka bisa menguasai bola di sepertiga akhir lawan. Akan tetapi, skuad Garuda Muda itu masih kesulitan menembus pertahan Selandia Baru.

Kesulitan menembus pertahanan Selandia Baru membuat Indonesia melakukan sepakan jarak jauh. Seperti yang dilakukan oleh Arkhan Fikri dan Frengky Missa, tetapi upaya mereka masih gagal.

Skor Indonesia vs Selandia Baru pada babak pertama berakhir dengan imbang tanpa gol alias 0-0.

Babak Kedua

Asuhan Shin Tae-yong bermain lebih berani dan percaya diri pada awal babak kedua. Mereka perlahan bisa masuk ke kotak penalti lawan dan beberapa kali menahan bola di sana.

Hanya saja, peluang yang mereka ciptakan tak membuahkan gol. Sebaliknya, Indonesia harus merasakan kebobolan lebih dulu lewat gol dari pemain pengganti, Oliver John Colloty pada menit ke-58.

Gol bermula dari umpan crossing pemain Selandia Baru dari sisi kiri penyerangan dan diterima oleh Colloty. Bola sempat ditahan oleh kiper Cahya Supriadi tetapi kembali memantul ke arah Colloty.

Saat Cahya Supriadi belum bangkit, Colloty memanfaatkannya mengejar bola dan melewati sang kiper. Dia pun melanjutkannya dengan mencetak gol. Selandia Baru unggul 1-0 sejak menit ke-58.

Indonesia kembali kebobolan pada menit ke-70 lewat kerja sama antara Colloty dengan Jay Joshua Herdman. Bermula dari lawan berhasil mencuri bola di tengah lapangan, kemudian dibuat serangan cepat.

Colloty berhasil mendapat bola dan berhadapan dengan Cahya Supriadi, di sisi kirinya ada Joshua yang lepas tanpa pengawalan. Colloty lalu memberikan bola tersebut kepada Joshua.

Cahya Supriadi sempat berusaha menepis, tetapi bola tetap melaju ke gawang. Skor berubah menjadi 2-0 untuk keunggulan Selandia Baru.

Arkhan Fikri punya peluang emas mencetak gol pada menit ke-78 berkat kerja sama umpan satu-dua dengan Hugo Samir di dalam kotak penalti. Akan tetapi, sepakan akhirnya melenceng dari sasaran.

Indonesia mampu membuat gol hiburan pada masa injury time berkat sundulan Muhammad Ferarri (90+3'). Dia memanfaatkan tendangan sepakan pojok.

Skor timnas U20 Indonesia vs Selandia Baru berakhir dengan 1-2 untuk kemenangan tim tamu.

Susunan Pemain

Indonesia U20

1-Cahya Supriadi (PG); 17-Frengky Missa (16-Dony Tri Pamungkas 66'), 5-Kakang Rudianto, 2-Sulthan Zaky Pramana (13-Dimas Juliono 73'), 6-Zanadin Fariz (21-Ferdiansyah 66'); 12-Achmad Maulana Syarif, 18-Alfriyanto Nico Saputro (15-Dzaki Asraf 66'), 8-Arkhan Fikri; 7-Resa Aditya Nugraha (10-Hugo Samir 66'), 14-Robi Darwis; 28-Rabbani Tasnim Siddiq (11-Arkhan Kaka Putra 87').

Pelatih: Shin Tae-yong

Selandia Baru U20

1-Henry Merson Leonard Gray (PG); 3-Adam Petter Supyk (18-Marco Moni Lorenz 68'), 4-Isaac Robert Hughes, 22-Jackson Thomas Jarvie (2-Everton John 69'), 13-Lukas Eric Kelly-Heald, 14-Theo Michael Ettema; 16-Dan O'Connell Mckay, 6-Fin Ngahina Roa Conchie (8-Joshua Wayne Galetly 74'), 10-Jay Joshua Herdman, 20-Oscar Obel Hall; 9-Kian Donkers (19-Oliver John Colloty 46').

Pelatih: Darren Shaun Bazzeley

Skor Akhir

Indonesia U20 1-2 Selandia Baru U20 (Muhammad Ferarri 90+3' - Oliver John Colloty 58' Jay Joshua Herdman 70')

https://www.kompas.com/sports/read/2023/02/19/21282408/hasil-timnas-u20-indonesia-vs-selandia-baru-1-2-garuda-muda-kalah-dari-10

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke