Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Awal Era Sepak Bola Modern

KOMPAS.com - Sepak bola modern dikembangkan oleh bangsa Inggris. Sehingga tak heran jika ada istilah "football is coming home" di negara dengan ibu kota London tersebut.

Meski begitu, sejarah menjelaskan bahwa sepak bola berasal dari China sekitar abad ke-3 dan ke-2 Sebelum Masehi (SM) atau saat Dinasti Han berkembang.

Saat itu, sepak bola dikenal dengan istilah Tsu Chu. Tsu, yang artinya menerjang bola dengan kaki, sedangkan Chu, artinya bola dari kulit dan ada isinya.

Bola yang digunakan terbuat dari kulit, jaring yang terpasang dibuat dari tongkat bambu.

Lalu, apa perbedaan sepak bola kuno dengan sepak bola modern?

Batasan yang jelas antara sepak bola kuno dengan sepak bola modern adalah berlakunya aturan tetap.

Sepak Bola Modern

Peraturan pertama sepakbola modern disusun pada tahun 1863 oleh sejumlah alumni asal Universitas Cambridge yang lantas mempopulerkan sepak bola di luar kampusnya berinisiatif memperkenalkan aturan sepak bola secara luas.

Peraturan permainan sepak bola modern disusun oleh English Football Association pada tanggal 8 Desember 1863 di sebuah gedung di Fremasons Tavern, Inggris.

Momen tersebut membuat Inggris dikenal sebagai negara yang pertama kali membuat peraturan permainan sepak bola.

Pada 21 Mei 1904 induk organisasi sepak bola dunia didirikan dengan nama Federation Internationale de Football Association atau yang lebih dikenal dengan FIFA.

FIFA didirikan oleh Perancis, Belgia, Denmark, Belanda, Spanyol, Swiss serta Swedia. Kejuaraan dunia sepak bola pertama kali diadakan di Uruguay, pada 1930.

Selain berlakunya aturan, perbedaan lain sepak bola adalah berkembangnya taktik hingga teknik.

Jika dahulu hanya untuk hiburan, kini bertambah menjadi kompetisi yang mencari pemenang.

Secara teknik, dalam permainan sepak bola modern seorang pemain harus dapat melakukan mengecoh lawan. Tidak sekadar umpan-umpan belaka.

Sepak bola modern terus berkembang hingga penggunaan teknologi termasuk penggunaan sensor garis gawang, alat komunikasi wasit, hingga video assistan referee (VAR).

https://www.kompas.com/sports/read/2022/08/09/16300028/awal-era-sepak-bola-modern

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke