Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Apa Itu Pukulan Underhand dalam Bulu Tangkis?

KOMPAS.com - Bulu tangkis mempunyai ragam teknik pukulan yang harus dikuasai setiap pemain untuk mengarahkan shuttlecock (kok) ke arah wilayah permainan lawan.

Contoh teknik pukulan dalam permainan bulu tangkis berdasarkan posisi lengan ketika mengayunkan raket adalah underhand.

Teknik pukulan underhand dalam permainan bulu tangkis dilakukan dengan mengayunkan raket dari bagian bawah shuttlecock sehingga lajunya melambung setinggi mungkin,

Bentuk teknik pukulan underhand disebut pula teknik pukulan bawah, karena cara seorang pemain mengayunkan raketnya tersebut.

Umumnya teknik pukulan underhand menjadi pilihan ketika kok diarahkan lawan dengan ketinggian rendah atau mengarah ke wilayah dekat net.

Seperti dilansir dari laman PB Djarum, pukulan underhand bisa menjadi bentuk variasi teknik bagi seorang pemain bulu tangkis dalam pertandingan.

Jenis pukulan underhand bisa menjadi bagian strategi pemain ketika melakukan netting atau melakukan flick untuk bertahan dari serangan lawan.

Laju bola hasil pukulan underhand yang melambung juga dapat digunakan sebagai modal membangun serangan ke arah wilayah permainan lawan.

Ragam pukulan underhand dalam permainan bulu tangkis lekat dengan variasi teknik lob, yakni usaha seorang pemain mengarahkan bola di ujung garis belakang lapangan permainannya.

Variasi teknik lob memiliki tujuan mengarahkan bola setinggi mungkin sehingga nantinya jatuh di garis ujung lapangan lawan.

Mengutip buku Mengenal Olahraga Bulu Tangkis (2020) oleh Tri Hadi Karyono, menempatkan bola dengan pukulan underhand bisa membuat lawan menutup lebih banyak wilayah permainannya.

Terlebih, ketika pukulan berupa underhand drop shot diarahkan menuju salah satu dari empat sudut lapangan lawan.

Pada akhirnya, manuver tersebut memungkinkan lawan melakukan pengembalian secara terburu-buru, serta membuka peluang melakukan serangan balik.

Rangkaian teknik dengan memanfaatkan pukulan underhand berupa lob maupun drop shot biasanya dilakukan pebulu tangkis nomor tunggal.

Adapun, pebulu tangkis kategori tunggal memiliki luas lapangan lebih luas untuk ditutup dibandingkan nomor pertandingan ganda.

https://www.kompas.com/sports/read/2021/05/29/23000038/apa-itu-pukulan-underhand-dalam-bulu-tangkis-

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke