Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Legasi Sesungguhnya Khabib Nurmagomedov di UFC

KOMPAS.com - Rekor tak terkalahkan Khabib Nurmagomedov di dunia seni bela diri campuran (MMA) dianggap bukan sebagai legasinya di UFC.

Petarung berjulukan The Eagle itu baru saja menyempurnakan rekor tak terkalahkannya di pentas UFC seusai mengalahkan Justin Gaethje, Minggu (25/10/2020/).

Kemenangan atas Gaethje membuat Khabib mempertahankan sabuk juara kelas ringan UFC sekaligus menjaga rekor tak terkalahkan (29-0) sepanjang kariernya di dunia seni bela diri campuran.

Selain itu, kemenangan ini memperpanjang rekor kesuksesan Nurmagomedov mempertahankan gelar juara kelas ringan UFC menjadi tiga kali berturut-turut.

Seusai mengalahkan Gaethje, Nurmagomedov memutuskan pensiun.

Pensiunnya The Eagle itu meninggalkan catatan impresif sebagai petarung yang melewati 29 pertandingan MMA (13 di UFC) dengan hasil selalu menang.

Nama Nurmagomedov semakin menjulang setelah UFC menobatkannya sebagai petarung terbaik lintas divisi (pound-for-pound) saat ini.

Ia berhasil menggeser Jon Jones yang selalu mendominasi peringkat pertama (pound-for-pound).

Namun, bukan rekam jejak pertandingan sempurna yang membuat Nurmagomedov istimewa.

Legenda MMA, Chael Shonnen, melihat kelebihan Nurmagomedov yang membuatnya istimewa dibandingkan petarung UFC lainnya.

Chael Shonnen mengatakan, Khabib Nurmagomedov akan dikenang sebagai petarung yang bersikap sportif.

Hal itulah yang membuat legasi Nurmagomedov yang bakal dikenang di UFC.

"Kita berada dalam olahraga yang kotor ketika Anda bisa mengkhianati sahabat Anda sendiri," kata Sonnen, dilansir BolaSport.com dari Essentially Sports.

"Namun, Khabib tidak begitu, dia melakukan segalanya dengan hati. Dia melakukan dengan cara benar, terhormat, juga dengan respek," ucapnya.

"Dia tidak pernah melanggar aturan apa pun. Dia memperlakukan orang lain dengan baik. Saya pikir itu adalah warisannya," katanya. (Muhamad Husein)

Artikel ini sudah tayang di BolaSport.com dengan judul: Bukan Rekor Tak Terkalahkan, Ini Legasi Khabib Nurmagomedov Sesungguhnya di UFC.

https://www.kompas.com/sports/read/2020/10/30/17400058/legasi-sesungguhnya-khabib-nurmagomedov-di-ufc

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke