Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Oseanografi: Pengertian, Cabang Ilmu, dan Manfaatnya

Kompas.com - 30/11/2023, 19:00 WIB
Rahma Atillah,
Silmi Nurul Utami

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Geografi adalah ilmu yang mempelajari fenomena-fenomena alam dan manusia yang terjadi di permukaan bumi. Salah satu ilmu bantu geografi yang berfokus pada kajian kelautan adalah oseanografi.

Apa itu oseanografi?

Oseanografi berasal dari kata oceanus (samudra) dan graphos (uraian/deskripsi), sehingga oseanografi diartikan sebagai deskripsi tentang samudra.

Oseanografi adalah bidang ilmu yang mempelajari sifat, fenomena, penggambaran terhadap laut atau samudra, serta bentangan irisannya.

Baca juga: Nama 5 Samudra di Dunia

Jadi secara sederhana, oseanografi dapat ditafsirkan sebagai ilmu yang mempelajari samudra atau lautan beserta isinya dan apa yang berada di dalamnya hingga ke kerak samudranya.

Oseanografi mencakup beberapa topik antara lain organisme yang ada di laut, dinamika ekosistem, arus laut, gelombang atau ombak, dinamika fluida geofisika, lempeng tektonik, dan geologi dasar laut.

Cabang ilmu oseanografi

Dengan luasnya cakupan dalam bidang oseanografi, maka dapat dikatakan bahwa oseanografi sendiri bukanlah suatu ilmu murni, melainkan perpaduan dari berbagai ilmu dasar.

Teknik serta ilmu dasar mengenai pengembangan kelautan tersebut dapat dipelajari pada cabang ilmu oseanografi.

Baca juga: 6 Fenomena Geografi yang Sesuai untuk objek Penelitian Fisik

Adapun cabang ilmu oseanografi di antaranya:

  • Geologi oseanografi 
  • Fisika oseanografi 
  • Kimia oseanografi 
  • Biologi oseanografi 

Geologi oseanografi 

Geologi oseanografi adalah salah satu cabang ilmu geologi untuk mengetahui komposisinya, struktur dan proses pembentukan dasar laut.

Cabang ilmu ini sangat berguna untuk pembangunan struktur di bawah laut maupun pelayaran yang terjadi di wilayah lautan.

Baca juga: Senyawa dan Unsur yang Terdapat pada Air Laut

Fisika oseanografi 

Cabang ilmu ini mempelajari hubungan antara sifat-sifat fisika yang terjadi dalam lautan serta yang terjadi antara Iautan dengan atmosfer dan daratan.

Selain itu, oseanografi fisika mempelajari segala fenomena dan proses fisika di laut, termasuk kejadian-kejadian pokok seperti adanya energi kelautan.

Kimia oseanografi 

Kimia oseanografi merupakan cabang ilmu oseanografi yang mempelajari sifat kimia yang terjadi di dalam dan di dasar laut serta menganalisa sifat-sifat dari air laut itu sendiri.

Sudut pandang ilmu ini melihat berbagai proses reaksi-reaksi antara unsur, molekul atau campuran dalam sistem samudra yang menyebabkan perubahan zat secara reversibel atau ireversibel.

Biologi oseanografi 

Biologi oseanografi merupakan cabang ilmu yang mempelajari kehidupan di laut, baik mempelajari makhluk hidup yang ada, maupun interaksi antara makhluk hidup dengan lingkungannya.

Baca juga: Potensi Lestari Sumber Daya Laut

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com