Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Implikasi: Pengertian, Jenis, dan Contohnya

Kompas.com - 03/07/2023, 20:00 WIB
Retia Kartika Dewi,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com -Istilah implikasi biasa digunakan dalam bidang bisnis maupun dalam dunia matematika.

Dilansir dari buku Implikasi Managing Asset: Kinerja Keuangan Sektor Publik Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Provinsi Sulawesi Tenggara (2023) oleh Azaluddin, implikasi adalah suatu konsekuensi atau akibat langsung dari hasil penemuan suatu penelitian ilmiah.

Pengertian lainnya dari implikasi menurut para ahli adalah suatu kesimpulan atau hasil akhir temuan atas suatu penelitian.

Dalam logika matematika, implikasi adalah kalimat majemuk yang menggunakan kata “jika” dan “maka”. Sehingga, implikasi merupakaan kalimat yang menyatakan sebab akibat.

Baca juga: Negasi, Konjungsi, Disjungsi, Implikasi, dan Biimplikasi

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), implikasi berarti keterlibatan atau keadaan terlibat.

Contoh: Implikasi manusia sebagai obyek percobaan atau penelitian makin terasa manfaat dan kepentingannya.

Selain itu, implikasi dalam KBBI juga memiliki arti yakni kata benda yang termasuk atau tersimpul; yang disugestikan, tetapi tidak dinyatakan.

Contoh: Apakah ada implikasi dalam penyataan itu?

Baca juga: Implikasi dalam Logika Matematika: Pengertian dan Contohnya

Jenis-jenis implikasi

Dikutip dari buku Fundamental Metodologi Penelitian Kuantitatif (2022) oleh Bambang Sugeng, ada tiga jenis implikasi, yakni implikasi temuan, implikasi teoritis, dan implikasi praktis.

Berikut rincian untuk masing-masing jenis implikasi:

Implikasi temuan

Implikasi temuan adalah dampaj kontributif dari temuan penelitian terhaadp tataran teoretis dan praktis yang terkait dengan permasalahan penelitian atau terhadap pengetahuan baru yang andal yang ingin diperoleh.

Ingat bahwa permasalahan penelitian sebagaimana dibahas pada Bab I adalah mencerminkan jenis pengetahuan baru yang ingin diperoleh.

Namun demikian dalam penelitian umumnya terdapat dua macam implikasi temuan, yaitu implikasi teoretis dan implikasi praktis (jika ada).

Baca juga: Kerja Sama atau Kerjasama, Mana Penulisan yang Tepat?

Implikasi teoretis

Implikasi teoretis atau implikasi keilmuaan adalah implikasi kontribusi temuan penelitian terhadap upaya mengisi kesenjangan penelitian sesuai kebaruan yang dikembangkan dalam penelitian yang bersangkutan.

Implikasi teoretis mencerminkan nilai tambah atau kontribusi temuan penelitian terhadap upaya-upaya memperoleh dan mengembangkan pengetahuan ilmiah baru yang andal sesuai hakikat dari tujuan penelitian eksplanatif.

Implikasi praktis

Implikasi praktis adalah implikasi yang menunjukkan kontribusi temuan penelitian terhadap upaya perbaikan dalam tataran operasional sehari-hari pada bidang operasional yang relevan dengan hasil temuan penelitian.

Implikasi praktis sebenarnya sama dengan saran untuk kepentingan perbaikan bidang praktis.

Isi dari implikasi praktis bergantung kepada hasil temuan penelitian sehingga implikasi jenis ini disusun setelah diketahui hasil temuan dari penelitian yang dilakukan.

Atas dasar ini penyusunan isi dari implikasi praktis harus merujuk langsung kepada hasil temuan penelitian.

Baca juga: Manfaat dan Bentuk Kerja Sama Ekonomi Internasional

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com