Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jenis-jenis Sudut Berdasarkan Besar Sudutnya

Kompas.com - 22/06/2023, 14:00 WIB
Serafica Gischa

Editor

Oleh: Yopi Nadia, Guru SDN 106/IX Muaro Sebapo, Provinsi Jambi

 

KOMPAS.com - Dalam kehidupan sehari-hari, hampir semua obyek yang kita temui memiliki sudut. Namun, apakah Anda sudah mengerti arti sebenarnya dari sudut?

Sudut adalah bentuk yang terbentuk ketika dua garis saling berpotongan. Secara khusus, sudut dapat dianggap sebagai ruang antara dua garis lurus yang saling bersilangan jika terletak dalam bangun datar dua dimensi yang memiliki ukuran yang teratur.

Berikut jenis-jenis sudut berdasarkan besar sudutnya, yaitu:

Dok. Yopi Nadia, Guru SDN 106/IX Muaro Sebapo Sudut lancip

 

 

 

 

 

 

 

Sudut lancip

Sudut lancip adalah sudut yang mempunyai besaran sudut yang tidak lebih dari 90 derajat atau lebih tepatnya besaran sudut lancip di antara 0 derajat sampai dengan kurang dari 90 derajat.  

Besaran sudut lancip bisa dibilang lebih kecil bila dibandingkan dengan sudut siku-siku. Jika menggunakan lambang matematika dapat dilihat di bawah ini:

0 derajat < x < 90 derajat (x adalah besaran sudut yang diukur)

Sudut lancip mempunyai nama lain dalam bahasa Inggris berupa acute angle. Semua segitiga yang memiliki sudut kurang dari 90 derajat, maka segitiga itu memiliki sudut lancip. Sudut lancip biasanya ditemukan pada segitiga, jajargenjang trapesium, dan lain-lain.

Sudut lancip bisa kamu temukan dalam kehidupan sehari-hari, seperti potongan pizza, jam yang menunjukkan pukul 11, penjepit jemuran, ujung setrika, dan huruf A.

Dok. Yopi Nadia, Guru SDN 106/IX Muaro Sebapo Sudut siku-siku

 

 

 

 

 

 

 

Sudut siku-siku

Sudut siku-siku adalah sudut yang mempunyai besaran sudut yang sangat tepat 90 derajat. Sudut siku-siku ini dihasilkan dari dua garis lurus yang saling berpotongan atau bertemu, sehingga menghasilkan garis yang saling tegak lurus.

Besaran sudut siku-siku bisa dikatakan lebih besar dari sudut lancip dan lebih kecil dari sudut tumpul.

Sudut siku-siku dalam bahasa Inggris biasanya dikenal dengan sebutan tight angle. Jika ada sebuah segitiga yang memiliki sudut sudut tepat 90 derajat, maka segitiga itu dinamakan segitiga siku-siku.

Sementara itu, sudut siku-siku dapat kita temukan dalam kehidupan sehari-hari, seperti semua tembok rumah, lemari, jam yang menunjukkan pukul tiga, bingkai foto, jendela, buku, dan keramik.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com