Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manfaat Ilmu Fonetik dalam Kehidupan

Kompas.com - 21/03/2023, 06:45 WIB
Desi Selvia Ningrum,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Dalam kehidupan sehari-hari, fonetik memberikan peran yang cukup besar. Setiap kegiatan sehari-hari, manusia tidak lepas dari pengucapan bunyi bahasa.

Hal ini disebabkan hampir setiap saat sejak bangun tidur sampai tidur kembali, manusia sebagai mahluk sosial selalu berkomunikasi dengan lingkungan sekitarnya.

Ini artinya, tanpa disadari, hampir setiap saat manusia menerapkan ilmu fonetik dalam kehidupan sehari-harinya.

Fonetik sendiri merupakan studi bunyi bahasa yang berkenaan dengan peristiwa bahasa, murni studi fenomenalistik terhadap bahasa tanpa mempertimbangkan fungsi. 

Manfaat ilmu fonetik dalam kehidupan sehari-hari terbagi menjadi dua, yakni manfaat teoritis dan praktis. Berikut penjelasannya:

Baca juga: Pengertian dan Jenis-jenis Fonetik

Manfaat fonetik secara teoritis

Penguasaan di bidang fonetik merupakan bekal utama atau bekal dasar seseorang yang ingin mengembangkan dirinya sebagai ilmuwan, khususnya ilmuwan dalam bidang fonetik.

Untuk menjadi seorang ilmuwan fonetik, penguasaan ilmu ini merupakan modal utama dalam memasukinya.

Manfaat fonetik secara praktis

Beberapa manfaat fonetik secara praktis, sebagai berikut:

  • Mengetahui bagaimana sebenarnya proses terjadinya bunyi bahasa, mulai dari pengahasilan bunyi, terbentuknya vokal, konsonan, semi vokal sampai dengan terucapkannya kata, kelompok kata, serta kalimat.
  • Mengetahui tentang proses penghasilan bunyi bahasa yang sebenarnya.
  • Mengetahui bagaimana suatu bunyi dihasilkan dan diucapkan dengan benar oleh penutur sehingga bunyi bahasa yang diucapkan itu pun dapat diterima dan dipahami dengan baik pula oleh pendengar. Dengan pengucapan bunyi bahasa yang baik dan benar, hal ini menunjang terwujudnya komunikasi yang baik pula antara penutur dan pendengar.
  • Penguasaan fonetik juga sangat diperlukan bagi seseorang yang berprofesi dan mendayagunakan kemampuan lisannya, misalnya pembuatan software fonetik bahasa Perancis, software fonetik bahasa Inggris, dan lain-lain.

Baca juga: 10 Klasifikasi Bunyi Bahasa

 

Referensi

  • Yulianti, Ria dan teman-teman. Fonologi. 2018. Malang: UB Press
  • Eriyanti, Ribut Wahyu dan teman-teman. Linguistik Umum. 2020. Jawa Timur: Uwais Inspirasi Indonesia.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com