Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengertian Kurva Permintaan dan Ciri-cirinya

Kompas.com - 26/03/2022, 16:00 WIB
Serafica Gischa

Penulis

KOMPAS.com - Permintaan merupakan istilah untuk sejumlah barang dan jasa yang diinginkan untuk dibeli pada tingkat harga dan waktu tertentu sesuai dengan pasar. 

Hukum permintaan yakni ketika suatu harga barang atau jasa turun, maka jumlah permintaan akan naik. Sebaliknya saat harga barang yang diminta naik, maka permintaan akan turun.

Untuk memperkirakan perilaku dalam pasar kompetitif digunakan kurva permintaan. Kurva permintaan adalah grafik yang menggambarkan antara harga dan jumlah barang yang diminta. 

Dikutip dari buku Microeconomics (2005) oleh Robin Krugman dan kawan-kawan, kurva permintaan didefinisikan sebagai grafik yang menggambarkan hubungan antara harga dengan komoditas yang ingin dan dapat dibeli konsumen. 

Permintaan seseorang atau masyarakat terhadap barang atau jasa dipengaruhi oleh beberapa faktor, di antaranya: 

  • Harga barang itu sendiri
  • Harga barang-barang lain yang substitusi atau komplementer. 
  • Selera masyarakat
  • Pendapatan masyarakat
  • Jumlah penduduk

Faktor tersebut memengaruhi permintaan, sehingga ahli eonomi membuat analisa yang leih sederhana. Di mana permintaan suatu barang atau jasa dipengaruhi oleh harga barang atau jasa itu sendiri. 

Baca juga: Teori Permintaan dan Penawaran dalam Ekonomi Islam

Ciri-ciri kurva permintaan

Dilansir dari Investopedia, kurva permintaan akan bergerak dari kiri atas ke kanan bawah, yang memperlihatkan kondisi naik turunnya suatu komoditas. 

  • Ciri-ciri dari kurva permintaan, yaitu: 
  • Kurvanya berbentuk garis lurus 
  • Harga barang dengan jumlah barang berbanding terbalik. Artinya jika harga barang naik, maka permintaan barang akan menurun. Sebaliknya jika harga barang turun, permintaannya akan meningkat. 
  • Bentuk fungsi kurva permintaan ialah Q = a–bP. (‘Q’ merupakan jumlah permintaan barang, ‘a’ adalah konstanta, ‘b’ merupakan kemiringan atau gradient, dan ‘p’ adalah harga barang).
  • Pergerakan kurva permintaan dipengaruhi oleh jumlah permintaan barang atau jasa. Misalnya jika pendapatan masyarakat naik, maka kurva akan bergeser ke kenan karena jumlah permintaan naik. Sebaliknya, kurva akan bergeser ke kiri jika pendapat masyarakat dan permintaan menurun. 
  • Kurvanya ber-slope negatif. Karena kurvanya digambarkan dari kiri atas lalu turun ke bawah. Hal ini menunjukkan adanya hubungan terbalik antara harga dan jumlah barang yang diminta. 

Baca juga: Fungsi Permintaan dan Penawaran

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com