Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Reaktansi Induktif: Pengertian dan Rumusnya

Kompas.com - 23/03/2022, 11:31 WIB
Silmi Nurul Utami

Penulis

KOMPAS.com – Dalam rangkaian listrik, pasti ada yang dinamakan hambatan. Jika mencari rumus hambatan induktif suatu rangkaian AC, maka kita harus mempelajari tentang reaktansi induktif.

Apa yang dimaksud dengan reaktansi induktif, apa saja yang memengaruhi nilai reaktansi induktif, dan bagaimana rumus reaktansi induktif? Berikut adalah penjelasannya!

Pengertian reaktansi induktif

Seperti yang disebutkan sebelumnya, jika mencari hambatan induktif maka yang akan keluar di mesin pencarian adalah reaktansi induktif.

Hambatan induktif dan reaktansi induktif memiliki arti yang sama, yaitu hambatan yang dihasilkan oleh induktor dalam suatu rangkaian listrik.

Baca juga: Rangkaian Listrik: Pengertian, Jenis, Komponen, dan Rumusnya

Namun, reaktansi induktif adalah istilah yang lebih tepat untuk menggambarkan hambatan induktor dalam rangkaian listrik AC (arus bolak-balik).

Hal tersebut dikarenakan hambatan induktor pada arus bolak-balik memiliki inersia yang menyebabkan perubahan arus.

Induktor bekerja dengan menentang perubahan arus. Dilansir dari Encylopedia Britannica, arus bolak-balik (AC) pada induktor membentuk medan magnet bolak-balik yang kemudian memengaruhi arus dan tegangan rangkaian.

Dilansir dari All About Circuits, induktansi akan menghasilkan penurunan tegangan yang berbeda fasa 90° dengan arusnya. Beda 90° berarti tegangan memimpin arus dalam seperempat siklus.

Grafik arus dan tegangan pada induktor yang berbeda seperempat siklus (90 derajat)lumenlearning.com Grafik arus dan tegangan pada induktor yang berbeda seperempat siklus (90 derajat)

Misalnya pada tegangan maksimum, arus baru akan naik dari nilai nol hingga ke nilai maksimumnya. Sedangkan ketika tegangan bernilai negatif, arus perlahan akan turun hingga ke nilai nol.

Baca juga: Menghitung Induktansi Induktor dan Energi yang Tersimpan

Rumus reaktansi induktif

Nilai reaktansi induktif suatu rangkaian listrik disimbolkan dengan XL dan memiliki satuan ohm (?). Rumus reaktansi induktif adalah:

Dengan,
XL: reaktansi induktif (?)
f: frekuensi (Hz)
π: phi (22/7 atau 3,14)
L: induktansi induktor (H)

Artinya, nilai reaktansi induktif dipengaruhi oleh frekuensi dan nilai induktansinya. Makin besar frekuensinya, maka makin besar pulai nilai reaktansi induktif.

Dilansir dari Lumen Learning, reaktansi induktif (XL) dianggap sebagai resistansi efektif induktor terhadap arus AC. Sehingga, besar arus dalam rangkaian listrik dapat dicari menggunakan persamaan berikut:

Dengan,
I: arus (A)
V: tegangan (V)
XL: reaktansi induktif (?)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com