Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebab Akibat dalam Bahasa Inggris: Menggunakan So… That dan Such… That

Kompas.com - 18/12/2020, 16:18 WIB
Risky Guswindari ,
Nibras Nada Nailufar

Tim Redaksi

Sumber BBC

KOMPAS.com – Dalam kalimat bahasa Inggris, kita pasti pernah menemukan kata-kata seperti so…that dan such…that. Apakah kalian mengetahui cara penggunaannya?

Menurut BBC Learning English, so dan such bisa digunakan dengan klausa that untuk menunjukkan sebab akibat (cause-effect). Sedangkan so dan such sendiri “indicate degree” atau menunjukkan derajat, maksudnya derajat dari suatu hal yang berarti “sangat”.

Perhatikan kalimat berikut:

  • I was so tired that I could barely wake up. / Aku sangat lelah sampai aku hampir tidak bisa bangun.
  • It is such a delicious cake that I want to buy more. / Kue ini sangat enak sehingga aku ingin membeli lebih banyak lagi.

Dari kedua contoh di atas, kita bisa menyimpulkan bahwa perbedaan antara keduanya terletak pada susunan katanya.

Baca juga: Contoh Dialog Cause, Effects, and Contrast

Pada kalimat pertama, kalimatnya “I was so tired that…”. Sebelum kata that, kita akan menemukan adjective.

Sedangkan di kalimat kedua, “It is such a delicious cake that…”, di mana sebelum kata that kita akan menemukan noun yang di depannya terdapat adjective (adjective + noun).

Selain adjective, untuk so…that kita juga bisa menggunakan adverb.

Berikut contoh kalimat yang lain:

  • The weather is so hot that I don’t want to go anywhere. / Cuacanya sangat panas sehingga aku tidak ingin pergi ke mana pun.
  • We had such a difficult exam that we didn’t want to see the question sheet again. / Kami menghadapi ujian yang sangat sulit sehingga kami tidak ingin melihat lembar soalnya lagi.
  • There are so many graduates wearing gowns and caps that I can't find where my sister is. / Ada banyak lulusan yang memakai jubah dan toga sehingga aku tidak bisa menemukan di mana kakakku berada.
  • Today is such a boring day that I only lay all day. / Hari ini hari yang sangat membosankan sehingga aku hanya rebahan seharian.
  • It was such a funny TV show that I couldn’t stop laughing. / Itu adalah acara TV yang sangat lucu sehingga aku tidak bisa berhenti tertawa.
  • Elisa picked so many strawberries that she couldn’t eat all of them. / Elisa memetik banyak sekali stroberi sehingga ia tidak bisa memakan semuanya.

Baca juga: Contoh Dialog Cause and Effect

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com