Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Upaya Pencegahan Diri dari Bahaya Narkoba

Kompas.com - 25/11/2020, 14:51 WIB
Silmi Nurul Utami,
Rigel Raimarda

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Narkoba menyimpan banyak dampak buruk bagi kesehatan. Tak cuma itu, aspek kehidupan lain mulai dari sosial, keuangan, hingga asmara bisa hancur karena narkoba.

Lalu apakah yang harus dilakukan sebagai upaya pencegahan diri dari penggunaan obat-obatan terlarang? Untuk mengetahuinya, simaklah materi berikut ini!

  • Keluarga

Keluarga adalah faktor yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Hubungan yang baik antar anggota keluarga, pengawasan oleh orang tua, serta dukungan pada sesama anggota keluarga dapat mencegah keinginan untuk menggunakan obat-obatan terlarang.

Keluarga juga harus bisa menjadi tempat nyaman di mana saat ada suatu masalah, anak akan pulang ke keluarganya untuk mendapatkan kenyamanan dibanding melarikan diri dengan mengonsumsi obat-obatan terlarang.

  • Rasa Percaya Diri

Rasa percaya diri sangat penting terutama pada remaja yang sedang mencari jati diri. Jika rasa percaya diri rendah, obat-obatan terlarang bisa saja menjadi pelarian karena dinilai sebagai hal yang keren.

Baca juga: Penggolongan Narkoba

KOMPAS.com/SILMI NURUL UTAMI Keaktifan otak saat diberi penghargaan dan saat gagal

Dilansir dari National Institute on Drug Abuse (NIDA), bagian atas dari gambar menunjukkan kondisi otak saat seseorang mendapat penghargaan, dan bagian bawah saat seseorang mendapat kegagalan.

Pada seseorang yang mendapat penghargaan otak cenderung jauh lebih aktif dan berkembang sehingga orang tersebut dapat tumbuh dengan baik.

Penghargaan, pujian, dan tidak meremehkan sangtlah penting agar seseorang dapat percaya diri dan menjauhkannya dari obat-obatan terlarang.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com