Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gerak Melingkar dengan Jari-Jari Konstan

Kompas.com - 07/10/2020, 17:56 WIB
Risya Fauziyyah,
Rigel Raimarda

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Gerak melingkar merupakan gerak lintasan berupa lingkaran pada suatu titik acuan. Melansir britannica, pada partikel yang bergerak dengan jari-jari konstan, arah kecepatan dan percepatan tangensialnya searah dengan lintasan.

Perhatikan gambar gerak melingkar dengan jari-jari konstan berikut:

Gerak melingkar 2

Kecepatan sudut dan percepatan sudut erat kaitannya dengan gerak melingkar. Kecepatan partikel merupakan panjang busur (ds) terhadap waktu (dt) pada partikel yang bergerak melingkar dapat ditulis dengan persamaan:

Gerak melingkar 2 (1)

Gerak melingkar dengan jari-jari konstan mempunyai kecepatan sudut (ω):
Gerak melingkar 2 (2)

Baca juga: Gerak Melingkar dengan Kelajuan dan Jari-jari Konstan

Kelajuan sudut disebut juga sebagai besar kecepatan sudut. Kecepatan sudut memiliki nilai positif jika rotasi berlawanan arah jarum jam, dan sebaliknya bernilai negatif jika searah jarum jam. Hubungan antara kecepatan sudut dan kecepatan linear (v) adalah sebagai berikut:

Gerak melingkar 2 (3)

Arah kecepatan linear adalah searah dengan arah lintasan partikel. Kelajuan sudut yang berubah maka memiliki percepatan sudut, atau disebut sebagai laju perubahan kecepatan sudut terhadap waktu. Percepatannya (a) dapat ditulis seperti di bawah ini:

Gerak melingkar 2 (3)

Partikel memiliki percepatan linear atau disebut percepatan tangensial yang mempunyai arah sejajar dengan lintasan. Maka percepatan linearnya memiliki persamaan di bawah:

Gerak melingkar 2 (4)

Berdasarkan konsep dasar gerak lurus, kecepatan sudut setiap saat pada sebuah partikel yang berotasi dengan jari-jari konstan dan percepatan sudut konstan dapat ditulis sebagai berikut:
Gerak melingkar 2 (5)

Baca juga: Kelajuan, Kecepatan, dan Percepatan Rata-rata

Maka perpindahan sudut setiap saatnya adalah:

Gerak melingkar 2 (6)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com