Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Tujuan Pembangunan Tol Laut

KOMPAS.com - Tol laut merupakan sistem jalur distribusi logistik menggunakan angkutan kapal barang dengan rute terjadwal dari ujung barat hingga timur dan dari utara ke selatan Indonesia.

Sebagai salah satu bentuk infrastuktur kelautan, tol laut memiliki peran strategis untuk mendukung pembangunan perekonomian bangsa.

Adapun lima tujuan dari pembangunan tol laut adalah:

Mengembangkan ekonomi maritim

Dengan berbagai potensi kelautan yang ada, mengembangkan ekonomi maritim menjadi salah satu tujuan yang ingin dicapai oleh bangsa Indonesia.

Salah satu upaya pengembangan ekonomi maritim untuk mendukung sektor kelautan yang unggul diwujudkan melalui adanya tol laut.

Tujuan utama program tol laut Indonesia adalah untuk mengembangkan ekonomi maritim, dengan menjadikan laut sebagai basis konektivitas produksi dan pemasaran antardaerah atau pulau di Indonesia dan regional.

Meningkatkan konektivitas antar pulau

Tol laut merupakan suatu bentuk konektivitas laut melalui kapal-kapal dari Kawasan Barat Indonesia (KBI) menuju Kawasan Timur Indonesia (KTI) dan sebaliknya secara teratur, terencana, serta berkelanjutan.

Transportasi laut berperan penting dalam menghubungkan satu pulau dengan pulau lain.

Sehingga, dapat merangsang pertumbuhan ekonomi, serta menunjang perekonomian yang telah berkembang.

Sebagai konektivitas maritim, tol laut menjadi salah satu kunci dalam meningkatkan dan mengembangkan ekonomi kawasan yang berhubungan dengan berbagai infrastruktur terkait.

Mengurangi disparitas harga antar pulau

Disparitas harga terjadi karena adanya perbedaan harga yang sangat signifikan atas suatu harga komoditas bahan pokok tertentu antardaerah.

Tol laut merupakan salah satu program pemerintah Indonesia yang bertujuan untuk mengurangi disparitas harga yang terjadi antara Kawasan Barat Indonesia (KBI) dan Kawasan Timur Indonesia (KTI).

Dengan demikian, maka biaya logistik akan turun dengan sendirinya. Melalui adanya konektivitas maritim, diharapkan dapat mengurangi disparitas harga antar pulau.

Memaksimalkan pemanfaatan sumber daya laut

Memanfaatkan dan menjaga kekayaan sumber daya kelautan dengan semaksimal mungkin merupakan hal yang sudah seharusnya dilakukan Indonesia sebagai negara maritim.

Dengan adanya tol laut, maka dapat mendorong pemanfaatan sumber daya alam guna menunjang pembangunan ekonomi dalam sektor kelautan.

Pemerataan distribusi

Selain dapat menekan angka disparitas harga, tol laut juga diharapkan dapat menjamin pemerataan barang atau jasa dari satu pulau dengan pulau lain.

Upaya untuk menghubungkan jalur pelayaran tersebut akan mempermudah akses niaga tidak hanya bagi daerah kawasan timur Indonesia saja.

Tetapi, juga membuka akses regional dari negara Pasifik bagian selatan menuju negara Asia di bagian timur.

Dengan adanya hubungan antara pelabuhan laut ini, pengangkutan logistik, kelancaran distribusi barang dan mobilitas barang dan manusia hingga ke pelosok dapat berjalan efektif dan efisien.

Referensi:

  • A. Junaedi Karso. 2022. Pembangunan Transportasi Tol Laut dalam Mewujudkan Indonesia yang Makmur Menuju Poros Maritim Dunia. Purbalingga: Eureka Media Aksara.
  • Bambang Prihartono, dkk. 2015. Konsep Tol Laut dan Implementasi 2015-2019. Jakarta: Bappenas.
  • Marcus Tukan, Hozairi, Pieter Berhitu. 2023. Transportasi Kepulauan Berbasis Ruang Untuk Mendukung Tol Laut. Bandung: Widina Bhakti Persada.

https://www.kompas.com/skola/read/2023/12/12/200000369/5-tujuan-pembangunan-tol-laut-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke