Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Contoh Lagu Nasional, Pencipta, Birama, dan juga Temponya

KOMPAS.com – Lagu nasional adalah lagu yang menggambarkan peristiwa sejarah Indonesia, perjuangan, dan kecintaan terhadap bangsa. Berikut adalah contoh lagu nasional beserta pencipta, birama, dan juga temponya!

Indonesia Raya

Indonesia Raya adalah lagu nasional ciptaan Ibu Sud tempo lagu Con Bravura atau dinyanyikan dengan semangat bergelora. Birama lagu indonesia raya adalah 4/4.

Tanah airku

Tanah airku adalah lagu nasional ciptaan Ibu Sud yang memiliki tempo largo atau lambat. Birama yang digunakan pada lagu tanah airku adalah 4/4.

Satu nusa satu bangsa

Lagu berjudul satu nusa satu bangsa adalah ciptaan Liberty Manik. Lagu satu nusa satu bangsa bertanda tempo lambat dengan birama 4/4.

Maju tak gentar

Lagu maju tak gentar diciptakan oleh Cornel Simanjuntak. Lagu maju tak gentar memiliki tempo yang cepat dan bersemangat, adapun biramanya adalah adalah 4/4.

Mengheningkan cipta

Lagu mengheningkan cipta diciptakan oleh Truno Prawit dengan tempo yang lambat. Birama lagu mengheningkan cipta adalah 4/4.

Syukur

Syukur adalah lagu nasional yang diciptakan oleh Husein Mutahar dengan tanda andante sustendo atau bertempo sedang. Birama lagu syukur adalah 4/4.

Ibu kita Kartini

Ibu kita Kartini adalah lagu nasional yang diciptakan oleh Wage Rudolf Soepratman. Birama lagu Ibu kita Kartini adalah 4/4 dengan sedang (andante sustendo).

Hari Merdeka

Hari merdeka adalah lagu nasional ciptaan Husein Muhtar. Tempo lagu hari merdeka cepat dan bersemangat dengan birama ¾.

Bagimu negeri

Bagimu negeri adalah lagu nasional ciptakaan R. Kusbini. Tempo lagu bagimu negeri adalah grave atau tempo lambat dengan birama 4/4.

Halo-halo Bandung

Halo-halo Bandung adalah lagu nasional ciptaan Ismail Marzuki yang memiliki Marcia atau tempo seperti orang yang sedang berbaris. Birama lagu halo-halo Bandung adalah 4/4.

https://www.kompas.com/skola/read/2023/02/09/180000869/contoh-lagu-nasional-pencipta-birama-dan-juga-temponya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke