Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Siklus Perkembangan Ikan Mas dan Ciri-cirinya

Oleh: Ani Rachman, Guru SDN No.111/IX Muhajirin, Muaro Jambi, Provinsi Jambi 

KOMPAS.com - Siklus perkembangbiakan ikan mas (Cyprinus carpio) dimulai dari kematangan sel kelamin. Ikan mas betina memiliki ovarium yang menghasilkan sel telur, sedangkan ikan mas jantan memiliki testis yang mengeluarkan sel sperma. 

Perkembangbiakan atau pemijahan pada ikan mas tidak bergantung pada musim dan dapat terjadi sepanjang tahun. Pemijahan terjadi secara alami pada tengah malam hingga akhir fajar. 

Menjelang pemijahan, induk-induk ikan mas aktif mencari tempat untuk meletakkan telurnya agar aman dari gangguan. Tempat tersebut berupa tanaman air atau rerumputan yang menutupi permukaan air.

Tak hanya sebagai tempat pelindung, tempat-tempat telur tersebut juga dapat membantu perangsangan ketika terjadi pemijahan. 

Telur ikan mas berbentuk bulat dengan ukuran yang bervariasi dan berwarna putih. Embrio akan tumbuh di dalam telur yang telah dibuahi oleh spermatozoa.

Berikut ini urutan siklus hidup ikan mas dari telur sampai dewasa:

Ciri-ciri ikan mas

Salah satu ciri ikan yang juga disebut sebagai ikan karper ini adalah memiliki misai atau kumis. Selain itu, ada beberapa ciri-ciri ikan mas yang juga perlu diketahui.

Berikut adalah ciri-ciri ikan mas secara morfologi:

https://www.kompas.com/skola/read/2022/09/14/163000669/siklus-perkembangan-ikan-mas-dan-ciri-cirinya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke