Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Alasan Manusia Harus Bekerja Sama dalam Memenuhi Kebutuhannya

KOMPAS.com - Dalam memenuhi kebutuhan hidupnya tiap hari, manusia perlu berinteraksi dan bekerja sama.

Itu merupakan hal yang wajar dan tak dapat dihindari. Dengan berinteraksi dan bekerja sama, akan lebih mudah bagi manusia untuk mendapatkan apa yang dibutuhkannya.

Lantas, mengapa manusia harus melakukan kerja sama dalam memenuhi kebutuhan hidupnya?

Manusia adalah makhluk sosial

Dikutip dari buku Pengantar Ilmu Sosial (2017) karangan Ida Bagus Made Astawa, manusia adalah makhluk yang selalu berinteraksi dengan sesamanya.

Manusia tidak dapat mencapai apa yang diinginkannya, apabila hanya mengandalkan diri sendiri. Oleh sebab itu, manusia merupakan makhluk sosial.

Sifatnya ini membuat manusia memiliki kemampuan, kebutuhan, serta kebiasaan untuk berkomunikasi, berhubungan, juga bekerja sama.

Sederhananya, manusia sebagai makhluk sosial berarti tidak bisa hidup tanpa bantuan atau menjalin kerja sama dengan orang lain.

Menurut M. Bakri dalam Buku Ajar Pengantar Hukum Indonesia (Sistem Hukum Indonesia pada Era Reformasi (2013), dalam memenuhi kebutuhannya, antarmanusia harus menjalin hubungan serta bekerja sama.

Tanpa hal itu, manusia akan kesulitan memenuhi kebutuhan hidupnya.

Sebagai contoh, manusia membutuhkan nasi untuk meredam rasa laparnya. Nasi tersebut merupakan hasil dari kerja sama antarmanusia, seperti petani, pengusaha penggilingan beras, serta pedagang.

Contoh lainnya, apa yang dipakai manusia saat ini, seperti pakaian, gadget, komputer, makanan, dan minuman merupakan hasil kerja sama antarmanusia.

Kesimpulannya, alasan mengapa manusia harus melakukan kerja sama dalam memenuhi kebutuhan hidupnya karena manusia adalah makhluk sosial yang senantiasa perlu bekerja sama dan berinteraksi guna mendapatkan apa yang dibutuhkannya.

https://www.kompas.com/skola/read/2022/06/17/090000669/alasan-manusia-harus-bekerja-sama-dalam-memenuhi-kebutuhannya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke