Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tujuan Komunikasi Interpersonal

KOMPAS.com - Komunikasi interpersonal atau komunikasi antarpribadi adalah komunikasi yang terjalin antara dua orang atau lebih secara tatap muka, yang memungkinkan pengiriman dan penerimaan pesan dilakukan di saat yang bersamaan.

Contoh komunikasi interpersonal adalah komunikasi antara orangtua dan anak, dokter dengan pasien, dosen dengan mahasiswa, komunikasi antarteman, dan sebagainya.

Tujuan komunikasi interpersonal

Menurut Bonaraja Purba, dkk dalam buku Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar (2020), komunikasi interpersonal merupakan action oriented, yakni tindakan yang berorientasi pada tujuan tertentu.

Artinya komunikasi antarpribadi dilakukan untuk mencapai tujuan tertentu, seperti membangun dan memelihara relasi yang harmonis, untuk memengaruhi sikap serta tingkah laku orang lain, mencari kesenangan, dan lain sebagainya.

Sebagaimana dikutip dari jurnal Proses Komunikasi Interpersonal antara Guru dengan Murid Penyandang Autis di Kursus Piano Sforzando Surabaya (2013) karya Imanuel Budianto, menurut Joseph A. Devito ada lima tujuan yang ingin dicapai dalam komunikasi interpersonal, yakni:

Untuk belajar (to learn)

Komunikasi interpersonal memungkinkan orang yang terlibat di dalamnya mempelajari diri sendiri dan orang lain.

Bentuk komunikasi ini juga termasuk proses perbandingan sosial yang membuat individu mampu mengevaluasi diri sendiri dan membandingkannya dengan orang lain.

Untuk berhubungan (to relate)

Tujuan lain dari komunikasi interpersonal adalah menjaga hubungan atau relasi dengan orang lain. Misalnya dengan berkomunikasi, kita ingin dicintai dan disukai oleh orang-orang di sekitar kita.

Untuk meyakinkan (to influence)

Hampir setiap komunikasi yang dilakukan manusia mengandung makna persuasif atau bertujuan untuk meyakinkan orang lain.

Contohnya meminta bantuan seseorang, berkomunikasi untuk memelihara relasi yang baik, serta mempresentasikan diri sendiri untuk membangun gambar diri sesuai yang diinginkan.

Untuk bermain (to play)

Komunikasi interpersonal juga bertujuan untuk menghibur diri dan bermain bersama orang lain. Misalnya membuat lelucon, menonton film komedi, mendengarkan musik, dan lain sebagainya.

Walau begitu, tujuan tersebut juga punya tujuan akhir, yaitu menarik perhatian orang supaya apa yang diinginkan dapat tercapai.

Untuk menolong (to help)

Artinya komunikasi interpersonal bertujuan untuk membantu orang lain. Contohnya memberi kritik atau saran, mengungkapkan rasa empati, bekerja dalam suatu kelompok untuk membantu penyelesaian masalah, atau memberi dukungan kepada orang lain.

https://www.kompas.com/skola/read/2021/12/06/130000769/tujuan-komunikasi-interpersonal

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke