Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ciri-ciri Tari Kontemporer

KOMPAS.com – Seni tari merupakan seni yang berupa keindahan gerak tubuh. Salah satu jenis seni tari adalah tari kontemporer. Apakah itu seni tari kontemporer? Dan sebutkan 3 macam ciri tari kontemporer! Untuk dapat menjawabnya, simaklah penjelasan di bawah ini!

Pengertian tari kontemporer

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia , kontemporer berarti pada waktu yang sama, semasa, sewaktu, pada masa kini, dan dewasa kini. Seni tari kontemporer merupakan seni yang relevan dengan zaman, namun tidak termasuk ke dalam tarif modern.

Menurut R.AJ. SN Kusumawati disertasi Perkembangan Koreografi di Indonesia: Suatu Kajian Karya Taro Kontemporer di Pusat Kesenian Jakarta-Taman Ismail Marzuki 1968-1987 (2016), tari kontemporer tidak masuk ke dalam tari modern karena tari modern sudah memiliki standar, sedangkan tari kontemporer menampilkan suatu karya yang sama sekali baru dan tidak terstandar.

Sehinggatari kontemporer adalah jenis tari baru yang sesuai dengan tren masa kini, bebas, dan tidak ada aturan baku yang mengatur gerak tariannya.

Ciri-ciri tari kontemporer

Ciri-ciri tari kontemporer adalah tema tariannya bebas, bersifat aktual, gerakannya dan iramanya bebas tidak terkait aturan, dan menunjukkan tidak akan sama dengan pertunjukkan sebelumnya.

Tema tariannya bebas

Ciri-ciri tari kontemporer adalah tema tariannya yang bebas. Tema tari kontemporer tidak dibatasi dan tidak ada aturan khusus yang mengaturnya. Seorang seniman seni kontemporer bebas mengambil tema apapun yang diinginkannya menjadi suatu bentuk tarian yang sama sekali baru.

Bersifat aktual

Menurut Joni Andra dalam Proses Koreografi Tari Kunci Karya Ery Mefri (1997), seni tari kontemporer selalu bersifat aktual. Artinya, konsep dasar atau tema suatu tari kontemporer harus aktual atau sesuai dengan kondisi terkini atau tren yang dialami oleh manusia.

Gerakannya bebas tidak terkait aturan

Menurut Eko Supriyanto dalam jurnal Empat Koreografer Tari Kontemporer Indonesia Periode 1990-2008 (2014), tari kontemporer diciptakan dari proses kreatif dan inovatif yang bebas dan memungkinkan penarinya lebih berekspresi.

Sehingga ciri-ciri dari tari kontemporer adalah gerakannya yang bebas, tidak bergantung pada aturan atau pakem-pakem tari tradisional, dan memungkinkan penarinya berekspresi sesuai dengan cita rasa, kreativitas, dan tren yang.

Pola irama yang bebas

Selain gerakannya, pola irama musik tari kontemporer juga cenderung bebas. Tidak ada aturan yang mengatur serta musik tari kontemporer harus seperti apa. Irama dan musik disesuaikan dengan cerita untuk membentuk suasana yang sesuai dengan konsepnya.

Pengulangan pertujukan tidak akan sama dengan pertunjukkan sebelumnya

Tari kontemporer bebas dan lebih menunjukkan ekspresi pribadi seorang penari. Tidak adanya pakem aturan yang membuat pertunjukkan tidak akan sama dengan pertunjukkan sebelumnya.

Sulit untuk mempertahankan detail gerakan, eskpresi, dan durasi kontemporer untuk tetap sama setelah lebih dari satu pertunjukkan.

https://www.kompas.com/skola/read/2021/12/03/185045569/ciri-ciri-tari-kontemporer

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke