Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Perbedaan Cerita Anekdot dan Humor

KOMPAS.com - Anekdot dan humor memiliki persamaan, yakni karena lucu dan menghibur. Namun, ada beberapa hal yang membedakan antara anekdot dengan humor.

Keunikan cerita anekdot dengan cerita humor terdapat pada isinya yang lucu dan mampu menghibur pembacanya. Karena keunikan inilah, cerita anekdot dan humor sedikit berbeda dengan jenis teks lainnya.

Pengertian anekdot dan humor

Pengertian cerita anekdot dan humor adalah: 

Pengertian anekdot

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), anekdot adalah cerita singkat yang menarik karena lucu serta mengesankan, biasanya mengenai orang penting atau terkenal dan berdasarkan kejadian yang sebenarnya.

Taufiqur Rahman dalam bukunya yang berjudul Teks dalam Kajian Struktur dan Kebahasaan (2018), menuliskan bahwa teks anekdot sering dibuat untuk melakukan kritik terhadap orang atau tokoh yang dimaksudkan dalam cerita tersebut.

Pengertian humor

Menurut KBBI, humor adalah sesuatu yang lucu, keadaan (dalam cerita dan sebagainya) yang menggelikan hati, kejenakaan, dan kelucuan.

Dikutip dari jurnal Peningkatan Keterampilan Menulis Anekdot Melalui Penggunaan Strategi Genius Learning bagi Siswa kelas X IPA-1 Semester 1 SMA Negeri 3 Surakarta Tahun 2017/2018 (2017) karya Sulistyanti, teks humor merupakan teks yang memuat humor untuk bersenda gurau atau bercanda.

Perbedaan anekdot dan humor

Perbedaan utama cerita anekdot dan humor terletak pada isinya. Cerita anekdot tidak hanya mengibur, tetapi juga mengkritik. Sedangkan humor hanya menghibur para pembacanya, tanpa pesan atau tujuan tertentu.

Dalam buku Cermat Berbahasa Indonesia (2019) karya Sutarno, dituliskan bahwa anekdot lebih menekankan penyampaian kritik sosial dalam cerita lucunya. Sementara humor hanya bertujuan menghibur.

Selain isi, berikut beberapa perbedaan lain antara cerita anekdot dan humor:

https://www.kompas.com/skola/read/2021/11/30/140000969/perbedaan-cerita-anekdot-dan-humor

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke