Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Dampak Menanam Tumbuhan bagi Lingkungan dan Orang Lain

KOMPAS.com – Menanam tumbuhan adalah kegiatan menaruh bibit tumbuhan di dalam tanah dan merawatnya hingga tumbuh menjadi suatu tumbuhan baru. Menanam tumbuhan merupakan kegiatan yang berdampak baik bagi lingkungan maupun orang lain.

Dampak menanam pohon bagi lingkungan

Berikut contoh kunci jawaban materi tema 3 kelas 4 mengenai dampak menanam pohon bagi lingkungan dan bagi orang lain, yakni:

  • Terhindar dari banjir

Banjir merupakan suatu bencana yang bisa menyebabkan banyak kerugian, dimulai kerusakan infrastruktur dan juga lingkungan. Menanam tumbuhan dapat mengurangi resiko terjadinya banjir.

Adanya tumbuhan seperti pohon memperlambat laju aliran air dan mengurangi kekuatan badai sehingga mengurangi resiko luapan banjir juga erosi.

Dilansir dari The Ecologist, akar pohon membuat saluran kecil di tanah saat mereka tumbuh, membuat air hujan dengan mudah diserap oleh tanah. Lebih banyak air yang diserap oleh tanah, mengurangi volume air sehingga menghindarkan lingkungan dari banjir.

  • Menambah cadangan air tanah

Akar pohon yang memberikan jalan bagi air untuk masuk ke dalam tanah. Disadur dari Forest, Trees and Agroforestry, akar tanah menciptakan pori-pori besar yang bertanggung jawab membawa air turun ke tanah dengan cepat.

Air tersebut kemudian akan terus turun hingga mengisi batuan akuifer tanah dan bergabung di dalamnya menjadi air tanah.

Dalam proses tersebut, akar tumbuhan juga membantu penyaringan air hujan menjadi lebih bersih sebalum masuk ke akuifer. Air tanah merupakan sumber utama air bersih yang diperlukan oleh manusia.

  • Menjaga populasi makhluk hidup

Menanam pohon adalah kegiatan yang bisa menjaga populasi serta kelestarian tumbuhan. Pohon merupakan sumber makanan, tempat berlindung, dan juga rumah bagi berbagai satwa. Sehingga menanam pohon sama dengan menjaga populasi makhluk hidup.

Dampak menanam bagi orang lain

Menanam pohon juga memberikan dampak baik kepada orang lain. Menanam pohon menjadikan udara lebih bersih, lingkungan terasa lebih asri, lebih segar, lebih sejuk, dan lebih rindang sehingga menghindarkan orang lain dari paparan matahari langsung.

Selain dampak fisik, menanam pohon juga memberikan dampak positif pada mental orang lain. Dikutip dari Healthline, tanaman dapat membantu mengurangi stres, mempertajam perhatian (meningkatkan fokus), terapi bagi penderita depresi, kecemasan, dan dimensia.

Selain itu juga membantu pemulihan penyakit pasca cedera dan operasi, meningkatkan produktivitas dan juga kreativitas dalam berbagai pekerjaan.

https://www.kompas.com/skola/read/2021/09/16/113000169/dampak-menanam-tumbuhan-bagi-lingkungan-dan-orang-lain

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke