Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Baju Tulang Bawang, Pakaian Adat Lampung

KOMPAS.com - Pakaian adat di Provinsi Lampung bernama Tulang Bawang. Pakaian ini menjadi salah satu peninggalan budaya nasional.

Baju adat Tulang Bawang masih digunakan hingga saat ini baik untuk pesta pernikahan maupun sebagai busana tari untuk simbol penghormatan budaya asli.

Dalam buku Pakaian dan Perhiasan Pengantin Tradisional Lampung (2014) oleh Al Buchari dan kawan-kawan, baju adat Lampung dibedakan menjadi Lampung Pepadun dan Lampung Saubatin atau Pesisir.

Secara umum baju adat keduanya cukup sama, hanya saja yang membedakan pada warna. Jika Lampung Pepadun identik dengan warna putih, sedangkan Lampung Saubatin pada warna merah.

Selain baju adat yang dikenakan, baik pengantin pria maupun perempuan juga dilengkapi dengan pernak-pernik yang digunakan.

Baju adat Lampung laki-laki

Pakaian adat Tulang Bawang untuk laki-laki cukup sederhana dibandingkan pakaian wanita. Pengantin pria menggunakan baju lengah panjang berwarna putih atau merah, celana panjang hitam atau senada dengan warna atasan.

Sarung tumpal yang merupakan kain sarung khas Lampung dililitkan pada celana sepanjang lulut kaki. Kemudian ditambahkan dengan khikat akhir atau selendang bujur sangkat yang digunakan melingkar pada pundah untuk menutupi bahu.

Untuk aksesori lainnya yang digunakan pengantin atau untuk pria adalah:

Baju adat Lampung perempuan

Berdasarkan jurnal Kajian Makna pada Aksesori Pakaian Adat Lampung Pepadun (2018) oleh Roveneldo, untuk perempuan mengenakan baju Selappai yaitu baju tanpa lengan dengan hiasan rumbai ringgit di bawahnya.

Dilengkapi dengan baju Bebe yang merupakan sulaman benang satin berbentuk bunga teratai. Selain itu beberapa aksesori penting yang harus digunakan yaitu:

https://www.kompas.com/skola/read/2021/03/16/125343369/baju-tulang-bawang-pakaian-adat-lampung

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke