Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jenis-jenis Seni Grafis

KOMPAS.com - Seni grafis merupakan cabang seni rupa yang proses pembuatan karyanya menggunakan teknik cetak.

Dikutip dari situs resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, seni grafis termasuk karya seni rupa dwimatra yang dibuat untuk mencurahkan ide atau gagasan dan emosi seseorang dengan menggunakan teknik cetak sehingga memungkinkan pelipatgandaan karya.

Proses cetak dalam seni grafis memungkinkan menciptakan salinan karya dalam jumlah banyak.

Cetakan seni grafis dibuat di atas permukaan yang dinamakan plat. Plat yang dijadikan media cetakan ini adalah papan kayu, logam, lembaran linolium, akrilik dan batu litografi.

Jenis seni grafis

Terdapat beberapa jenis seni grafis, yaitu:

Berikut ini penjelasannya:

  • Cetak dalam 

Karya seni grafis yang dibuat dengan cetakan dari bahan plat aluminium yang ditorehkan dengan alat tajam sehingga membentuk goresan yang dalam adalah karya seni grafis dengan teknik cetak dalam.

Teknik cetak dalam adalah jenis seni rupa grafis yang pembuatan karyanya menggunakan plat alumunium. Plat dibentuk menggunakan benda tajam agar menghasilkan goresan yang dalam.

Lalu goresan dalam plat alumunium tersebut diberi tinta dan disapukan pada permukaan kertas yang dibasahi.

  • Cetak tinggi 

Cetak tinggi adalah jenis seni grafis yang memanfaatkan ketinggian sebuah medium untuk mencetak.

Cetak tinggi menggunakan cetakan dari bahan yang dapat dicukil sehingga permukaan medianya akan memiliki perbedaan tinggi. Sehingga akan menghasilkan bagian yang tinggi dan bagian yang rendah (relief).

Cara membuatnya dengan menggunakan cetakan dari bahan yang dicungkil. Sehingga permukaan medianya akan menjadi tinggi dan rendah (relief).

Bagian yang memiliki permukaan yang tinggi akan dilumuri dengan tinta cetak menggunakan alat rol karet.

Kemudian dicetak lagi dengan menekannya menggunakan tangan maupun mesin cetak pada lembaran kertas. Sehingga akan membentuk gambar yang sesuai dengan cetakan sebelumnya.

  • Cetak saring 

Cetak saring adalah salah satu jenis seni grafis dengan cara pembuatan karya menggunakan cetakan dari bahan screen atau layar kain yang dilapisi bahan yang peka terhadap cahaya.

Selanjutnya, screen ditutup dengan film (desain) dan dilakukan penyinaran sinar matahari ataupun penyinaran lampu dengan suhu tertentu.

Langkah selanjutnya adalah screen dicuci dan akan terbentuk cetakan berlubang (saring) sesuai dengan film yang dicetaknya.

  • Cetak datar 

Cetak datar adalah suatu teknik dalam seni grafis yang dibuat dengan menggunakan klise datar dengan prinsip saling menolak dan saling menerima antara tinta dan air.

Cetak datar hanya mendapatkan perlakuan khusus pada bagian tertentu untuk menciptakan gambar.

https://www.kompas.com/skola/read/2020/02/14/080000469/jenis-jenis-seni-grafis

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke