Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gunung Kilauea, Gunung Berapi Paling Aktif yang Meletus Setiap Tahun

Kompas.com - 29/11/2021, 16:34 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

KOMPAS.comGunung Kilauea adalah gunung berani paling aktif di dunia. Gunung ini terletak di bagian tenggara Hawaii, Amerika Serikat. Gunung ini terus mengalami erupsi (letusan) rata-rata lebih dari sekali dalam setahun.

Erupsi Gunung Kilauea ini justru menjadi daya tarik unik bagi wisatawan. Banyak yang mengunjungi gunung ini dengan harapan melihat gunung ini meletus.

Karakteristik Gunung Kilauea

Gunung Kilauea memiliki tinggi 1.250 meter dan puncaknya terus hancur karena erupsi sehingga membentuk kaldera dengan panjang 5 kilometer dengan lebar 3,2 kilometer. Lereng gunung pada bagian barat dan utara menyambung dengan gunung berani lain di dekatnya, yaitu Gunung Mauna Loa.

Kaldera di puncak Gunung Kilauea memiliki kawah utama yang bernama Halemaumau. Hingga tahun 1924, kawah ini tampak seperti danau lava.

Erupsi Gunung Kilauea menjadi daya tarik karena hampir semua letusannya berupa lava yang mengalir pada retakan di bagian Timur menuju ke laut. Retakan ini disebut East Rift Zone.

Namun, pada tahun 1983, Gunung Kilauea meletus terus-menerus selama berhari-hari. Kejadian ini menghasilkan aliran lava yang menutupi area lebih dari 100 kilometer persegi dan menghancurkan sekitar 200 rumah. Kejadian ini juga menambah garis pantai baru ke pulau ini.

Baca juga: Letusan Bawah Laut Terbesar di Dunia Ciptakan Gunung Berapi Raksasa

Erupsi terbaru Gunung Kilauea

Gunung ini tercatat terus-menerus mengalami erupsi sejak tahun 1961. Setiap tahunnya, gunung ini bisa meletus 2 hingga 3 kali.

Gunung ini baru saja mengalami erupsi lagi pada Minggu, 28 November 2021. Gunung Kilauea meletus dari kawah Halemaumau bagian barat. Gunung aktif ini tidak hanya mengeluarkan lava, tetapi gas vulkanis terus meningkat.

Dilansir dari United States Geological Survey, gas sulfur dioksida terus meningkat sejak sebelum erupsi. Puncak emisi gas sulfur dioksida paling tinggi adalah pada 23 November 2021 dengan emisi sebesar 6.400 ton gas per hari. Adapun rata-rata emisi dalam seminggu terakhir sekitar 3.000 ton gas per hari.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com