Kompas.com - 23/11/2021, 12:01 WIB
Ilustrasi pesawat ruang angkasa DART yang menembakkan mesin ion NEXT?C untuk menghancurkan asteroid.  NASA/Johns Hopkins APLIlustrasi pesawat ruang angkasa DART yang menembakkan mesin ion NEXT?C untuk menghancurkan asteroid.

KOMPAS.com - Tengah malam nanti, Rabu (23/11/2021), Badan Antariksa AS (NASA) akan meluncurkan wahana terbaru untuk menabrak asteroid yang ukurannya setara dengan Koloseum Roma.

Misi terbaru NASA itu dinamai Double Asteroid Redirection Test (DART) atau Uji Pengalihan Asteroid Ganda. Wahana antariksa dari misi DART ini akan menempuh jarak hampir 11,1 juta km.

Dilansir dari Science Alert, Minggu (21/11/2021) wahana itu berbentuk kotak dan lebarnya 1,22 meter.

Padahal, target wahana DART adalah asteroid Dimorphos yang ukuran diameternya 160 meter, setara dengan Koloseum Roma. Jika dibanding ukuran target, tentu wahana DART hanya sebesar kerikil.

Baca juga: NASA Berencana Tempatkan Reaktor Nuklir di Bulan, Untuk Apa?

Asteroid yang menjadi target wahana DART NASA adalah asteroid Dimorphos yang berdiameter 160 meter, ukurannya setara dengan Koloseum Roma. Padahal, ukuran wahana DART hanya 1,22 meter.ESA-Science Office Asteroid yang menjadi target wahana DART NASA adalah asteroid Dimorphos yang berdiameter 160 meter, ukurannya setara dengan Koloseum Roma. Padahal, ukuran wahana DART hanya 1,22 meter.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kendati kecil, jangan remehkan tenaganya.

Sebab ahli telah merancang sedemikian rupa agar wahana ini bisa memberi dorongan yang cukup besar bagi batuan luar angkasa itu untuk mengubar jalur orbit si asteroid.

Misi DART ini merupakan bagian dari uji coba NASA apakah dorongan semacam itu bisa digunakan untuk mengubah jalur asteroid yang bergerak menuju bumi.

Apakah saat ini ada asteroid berbahaya bagi Bumi?

Hingga saat ini memang para ilmuwan tidak menemukan asteroid yang berbahaya bagi Bumi.

Namun dari perhitungan NASA, ada sekitar 40 persen asteroid di dekat Bumi yang berukuran lebih dari 140 meter. Jika asteroid sebesar ini menabrak Bumi, dipastikan seluruh kota bakal hancur.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.