Ilustrasi sel tubuh manusia ShutterstockIlustrasi sel tubuh manusia

Kenapa Ada Organ Tubuh yang Bisa Memperbaiki Diri dan Tidak?

15/09/2020, 11:06 WIB
Saya ingin tahu kenapa beberapa organ tubuh seperti hati dan otak dapat memperbarui diri (regenerasi), sementara organ lainnya tidak? - Maggie, 9 tahun, Melbourne, Australia

Oleh Jose Polo

INI sebuah pertanyaan yang bagus, Maggie. Sejumlah ilmuwan sebenarnya sampai kini telah berusaha untuk menjawab pertanyaan ini dalam kurun waktu yang panjang.

Setelah bertahun-tahun riset, ada kabar baik, kita kini memiliki pemahaman yang baik tentang bagaimana organ tubuh bekerja.

Apakah sel itu?

Seperti yang kamu mungkin sudah tahu, tubuh dibuat dari banyak sel. Kita kadang-kadang menyebut sel-sel itu “blok-blok bangunan kehidupan”.

Alam membangun seluruh bagian tubuh tubuh kita dengan sel-sel.

Kamu mungkin pernah bermain Lego sebelumnya. Sel-sel itu seperti potongan-potongan Lego!

Sama seperti balok-balok Lego, sel-sel hadir dalam banyak bentuk dan warna. Sel-sel juga dapat melakukan banyak hal yang berbeda.

Kulit kita terbuat dari sel-sel yang berbeda. Beberapa berguna dalam menyusun rambut kita, dan beberapa lainnya membuat bekas luka saat terpotong, misalnya.

Bahkan darah kita dibuat dari banyak sel yang berbeda. Sel-sel darahlah yang menyebabkan darah kita berwarna merah.

Kembali ke pertanyaan kamu, beberapa sel di dalam tubuh kita sangat spesial karena mereka dapat berkembang biak. Tidak hanya itu, sel-sel khusus ini dapat berubah menjadi sel-sel lain juga.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X