Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seperti Apa Rasanya Traveling dengan Kecepatan Cahaya?

Kompas.com - 23/08/2020, 17:02 WIB
Sri Anindiati Nursastri

Penulis

KOMPAS.com – Jika Anda penggemar film fiksi ilmiah, mungkin Anda ingat adegan pesawat ulang-alik yang melakukan perjalanan antargalaksi dengan kecepatan cahaya.

Dalam film fiksi ilmiah biasanya diperlihatkan bahwa pesawat harus memiliki pendorong yang sangat kuat untuk bisa melewati medan antariksa dengan kecepatan cahaya.

Pada kenyataannya, melakukan perjalanan dengan kecepatan cahaya memang bisa dilakukan pada antariksa kita. Namun, butuh kekuatan yang sangat besar untuk melakukan “loncatan” tersebut.

Baca juga: Bukti Baru, Lubang Hitam Isap Materi Secepat Kecepatan Cahaya

Para ilmuwan juga memaparkan bahwa perjalanan dengan kecepatan cahaya memiliki beberapa rintangan. Beruntung, NASA baru-baru ini mengeluarkan video animasi yang menjelaskan bagaimana rasanya melakukan perjalanan dengan kecepatan cahaya.

Namun perlu diperjelas bahwa berdasarkan teori fisika, tepatnya teori relativitas Einstein, tidak ada yang bisa menyaingi kecepatan cahaya. Manusia atau teknologi apapun hanya bisa melakukan perjalanan hampir secepat cahaya.

Video yang dikeluarkan NASA tersebut berjudul “NASA’S Guide to Near-Light-Speed Travel” menceritakan seorang alien yang membangun pesawat ulang-alik dan melakukan perjalanan hingga 90 persen kecepatan cahaya (0.9c).

Baca juga: Pertama Kalinya, Astronom Menyaksikan Kilatan Cahaya Lubang Hitam Supermasif

Mengutip Science Alert, Minggu (23/8/2020), dalam video tersebut dipaparkan berbagai rintangan dalam melakukan perjalanan tersebut. Antara lain dilasi waktu, proteksi armada pesawat saat melewati medium antargalaksi.

Serta berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mencapai bintang terdekat (Proxima Centauri), galaksi terdekat (Andromeda), atau galaksi terjauh (GN-z11).

Sejauh ini, para ilmuwan menemukan rintangan ini sangat sulit untuk dihadapi. Namun bukan berarti belum ada percobaan.

Baca juga: Raffi dan Nagita Lihat Aurora, Bagaimana Sih Cahaya Utara Ini Tercipta?

Inisiatif Breaktrough Starshot misalnya, merupakan proyek yang bertujuan untuk mengirimkan pesawat ulang-alik kecepatan tinggi untuk mendatangi Alpha Centauri dalam beberapa waktu mendatang.

Pesawat tersebut diharapkan dapat mencapai kecepatan 20 persen dari kecepatan cahaya (0.2c) sehingga perjalanannya hanya membutuhkan waktu 20 tahun.

Video yang dikeluarkan NASA ini merupakan kerja sama antara Goddard Media Studios (GMS) dari Goddard Space Flight Center (GSFC). Berikut videonya:

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com