Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Gempa Hari Ini: M 6,2 Guncang Kepulauan Talaud, 8 Kali Susulan

KOMPAS.com - Gempa hari ini berkekuatan magnitudo M 6,2 mengguncang wilayah Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara, pagi ini pukul 07.43 WIB, Sabtu (10/7/2021).

Hasil analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menunjukkan episenter gempa bumi terletak pada koordinat 2,99 derajat LU dan 126,64 derajat BT.

Lokasi tepatnya berada di laut pada jarak 112 km arah Barat Daya Kota Melonguane, Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara pada kedalaman 23 km.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Bambang Setiyo Prayitno MSi mengatakan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal.

Gempa bumi dengan kekuatan M 6,2 yang mengguncang Kepulauan Talaud ini akibat adanya deformasi atau penyesaran pada Lempeng Laut Maluku.

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi ini memiliki mekanisme pergerakan sesar naik (thrust fault)," kata Bambang dalam keterangan tertulisnya.

Kendati pusat guncangan gempa bumi hari ini di Kepulauan Talaud, terjadi di laut, tetapi hasil pemodelan BMKG tidak menunjukkan adanya potensi tsunami.

Akan tetapi, guncangan gempa bumi berkekuatan M 6,2 di Kepulauan Talaud hari ini, sudah cukup untuk membuat masyarakat di sejumlah wilayah sekitar merasakan getaran gempa dengan skala intensitas yang bervariasi.

Guncangan gempa bumi ini dirasakan di daerah Sangihe dengan skala intensitas III-IV MMI. Di mana bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah.

Sedangkan, masyarakat di daerah Tomohon, Bitung, Boltim merasakan getaran dengan skala intensitas II MMI, getaran ini dirasakan oleh beberapa orang dan benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

"Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut," kata dia.

Sementara itu, hasil monitoring BMKG hingga pukul 08.45 WIB, Sabtu (10/7/2021), menunjukkan adanya 8 (delapan) aktivitas gempa susulan (aftershock) dengan magnitude terbesar Mw5,8 dan terkecil M3,5.

Sehingga BMKG mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Upayakan agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

Masyarakat di kawasan Kepulauan Talaud dan sekitarnya juga diimbau untuk memastikan bahwa bangunan tempat tinggal cukup tahan gempa, serta tidak ada kerusakan akibat getaran gempa bumi yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum Anda kembali ke dalam rumah.

https://www.kompas.com/sains/read/2021/07/10/095849823/gempa-hari-ini-m-62-guncang-kepulauan-talaud-8-kali-susulan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke