Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sejak Kapan Anak Harus Mulai Dibiasakan Menyikat Gigi?

Spesialis Kedokteran Gigi Anak drg. Theresia Dhearine Pratiwi, Sp.KGA mengatakan, pemakaian pasta gigi dapat dilakukan sejak awal menyikat gigi anak yang sudah tumbuh.

“Pasta gigi yang mengandung fluoride adalah pasta gigi yang dianjurkan untuk digunakan sejak awal menyikat gigi, karena fluoride sudah diperlukan untuk mengurangi risiko terjadinya lubang gigi pada anak,” jelas drg. Theresia kepada Kompas.com.

Namun demikian, drg. Theresia mengingatkan, jumlah pasta gigi yang digunakan harus disesuaikan dengan kemampuan anak, apakah anak sudah bisa berkumur atau belum.

“Jika anak belum dapat berkumur, banyak pasta gigi yang digunakan hanya selapis tipis (smear size) atau sebesar beras, dan jika sudah bisa berkumur pasta gigi yang digunakan sebesar kacang polong (pea size),” ujarnya.

Dokter gigi yang praktik di RS. Pondok Indah Bintaro Jaya ini menyebutkan, kesehatan gigi anak terutama pada anak yang belum bisa menyikat gigi sendiri, dapat dijaga dengan cara menghindari camilan yang manis dan lengket, memperbanyak konsumsi air putih, penyikatan gigi secara teratur dengan pasta gigi fluoride setelah sarapan pagi dan malam sebelum tidur oleh orangtua atau pengasuh.

“Selain itu, menghilangkan kebiasaan buruk seperti mengemut makanan, mengisap jari, dan tidak lupa rutin memeriksakan gigi anak ke dokter gigi spesialis kedokteran gigi anak setiap 6 bulan sekali,” pungkasnya.

https://www.kompas.com/sains/read/2021/07/07/204500223/sejak-kapan-anak-harus-mulai-dibiasakan-menyikat-gigi-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke