Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bangun PLTS, Semen Indonesia Gandeng Bukit Asam

Kompas.com - 20/10/2022, 10:36 WIB
Hamzah Arfah,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

GRESIK, KOMPAS.com - PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) dengan PT Bukit Asam Tbk (PTBA), untuk pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di lokasi operasional SIG.

Untuk implementasi di lapangan, PTBA melalui anak usahanya PT Bukit Energi Investama (BEI) akan membangun PLTS di Semen Padang, guna mendukung operasional pabrik PT Semen Padang.

Fasilitas ini mencakup PLTS Rooftop dan PLTS Ground Mounted, yang ditargetkan beroperasi secara komersial atau Commercial Operation Date (COD) pada tahun 2023-2024.

Adapun listrik dari PLTS tersebut bakal dimanfaatkan untuk kegiatan operasional produksi, penerangan dan perkantoran. Dengan diharapkan, dapat berkontribusi pada penurunan emisi karbon dan biaya energi yang lebih efisien.

Baca juga: PLTS di Jalan Tol Bali-Mandara Resmi Beroperasi

“Kerja sama dengan PTBA dalam pembangunan PLTS di pabrik PT Semen Padang, sejalan dengan Sustainability Initiatives SIG untuk mendukung upaya penurunan emisi karbon," ujar Direktur Utama SIG Donny Arsal, melalui keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Kamis (20/10/2022).

"Upaya ini tidak hanya didorong oleh profit semata. Namun lebih dari itu, keinginan untuk menjadi industri building material, yang memberdayakan stakeholders dalam menciptakan sustainable living di masa depan,” ucap Donny.

Penandatanganan MoU tersebut, dilaksanakan bersamaan dengan rangkaian acara SOE International Conference yang diselenggarakan oleh Kementerian BUMN, yang dilaksanakan di Bali Nusa Dua Convention Center, Selasa (18/10/2022).

Dalam SOE International Conference, SIG bersama PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero), PT Pertamina (Persero), Perum Perhutani, PT Perusahaan Listrik Negara (Persero), PT Indonesia Asahan Alumunium (Persero), PT Perkabunan Nusantara III (Persero) dan Pupuk Indonesia (Persero), menandatangani Letter of Intent tentang proyek pilot perdagangan karbon Voluntary Carbon Market (VCM) BUMN. Disaksikan oleh Wakil Menteri BUMN I, Pahala Nugraha Mansury.

Penandatanganan Letter of Intent VCM BUMN yang dilakukan, dimaksudkan untuk mendukung pembentukan kapabilitas dan proyek pilot perdagangan karbon di lingkungan BUMN. Dengan memperhatikan aspek-aspek teknis, keekonomian, regulasi serta ketentuan lainnya yang berlaku. 

Donny mengatakan, melalui sinergitas antar BUMN, pihaknya optimistis dapat mengakselerasi upaya keberlanjutan untuk mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan. Sebab SIG selama ini telah melakukan sejumlah inisiatif, dalam upaya dekarbonisasi.

Di antaranya, penurunan clinker factor, inovasi teknologi, penggunaan bahan bakar alternatif melalui Refused Derived Fuel (RDF) dan penggunaan panel  surya, serta pemanfaatan bahan baku alternatif yang lebih ramah lingkungan.

Selama semester I-2022, SIG berhasil menekan emisi karbon hingga 592 kilogram CO2 per ton semen atau turun sebesar 2,5 persen (setara 15 kilogram CO2 per ton semen) yang dikontribusikan dari penurunan clinker factor sebesar 0,8 persen menjadi 69,4 persen dan peningkatan Thermal Substitution Rate (TSR) sebesar 1,7 persen menjadi 6,8 persen

SIG terus mempromosikan inisiatif berkelanjutan yang telah ditetapkan. Dalam rangka mendorong upaya dekarbonisasi sebagai bentuk dukungan terhadap Kementerian BUMN, dalam mewujudkan komitmen Pemerintah Indonesia mencapai target net zero carbon emission pada 2060.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com