Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Antisipasi Cuaca Ekstrem di Ruas Tol Cipali, Ini yang Dilakukan Pengelola

JAKARTA,KOMPAS.com - Mengantisipasi cuaca ekstrem yang diprediksi akan terjadi pada akhir tahun, PT Lintas Marga Sedaya atau dikenal dengan ASTRA Infra Toll Road Cikopo-Palimanan (ASTRA Tol Cipali) melakukan berbagai upaya preventif di ruas tol Cipali.

Tak hanya bekerjasama dengan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citarum dan Cisanggarung, ASTRA Tol Cipali juga bekerjasama dengan seluruh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT).

Konsultan khusus drainase pun dipekerjakan demi melakukan kajian terhadap lokasi rawan genangan pada ruas-ruas Jalan Tol di Pulau Jawa.

Ini dilakukan agar langkah pemeliharaan atau penanganan jangka pendek, menengah dan jangka panjang bisa diambil akibat adanya perubahan cuaca dan tata guna lahan di sekitar jalan tol.

“Kami selalu berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait tidak hanya dalam melakukan normalisasi sungai Cilalanang saja namun hingga aspek pemantauan dan pengawasan terhadap beberapa sungai yang melintasi Tol Cipali,” jelas Presiden Direktur ASTRA Tol Cipali, Firdaus Azis.

Dikatakan, kesiapan infrastruktur dan layanan juga telah disampaikan melalui Rapat Koordinasi Persiapan Natal dan Tahun Baru bersama dengan Kementerian Perhubungan, Kepolisian dan
Dirjen Bina Marga.

Menghadapi musim penghujan dan curah hujan yang tinggi di akhir tahun ini mulai dari melakukan normalisasi drainase dari inlet dan outlet pembersihan sedimentasi atau endapan pada box culvert.

“Kami senantiasa berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik kepada Pengguna Jalan
dengan terus melakukan inovasi dan value creation baik infrastruktur maupun fasilitas layanan,” tambah Firdaus.

Tidak hanya itu, CCTV yang tersebar di sepanjang Tol Cipali juga memudahkan pemantauan kondisi lalu lintas dan keamanan jika terjadi gangguan serta meningkatkan respon time pelayanan.

Pihak pengelola pun secara aktif memberikan informasi tentang kondisi jalan tol melalui live report di instagram @astratolcipali dan aplikasi Info Tol ASTRA Infra yang dapat diunduh di Playstore.

Dalam kondisi penghujan, pengendara diimbau untuk memacu kendaraan dalam batas kecepatan maksimal berkendara 70 km/jam.

Jangan lupa untuk selalu mengecek kondisi kendaraan dan tekanan ban mobil. Apabila telah 4 jam mengemudi atau kondisi fisik sudah lelah segera beristirahat di 8 rest area baik dari arah Jakarta maupun arah Cirebon.

 

https://www.kompas.com/properti/read/2022/12/29/193000221/antisipasi-cuaca-ekstrem-di-ruas-tol-cipali-ini-yang-dilakukan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke