Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

MotoGP Inggris: Quartararo Tak Butuh Janji, Desak Pembuktian Yamaha

Kompas.com - 05/08/2023, 13:00 WIB
Farahdilla Puspa,
Ferril Dennys

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pebalap Fabio Quartararo mendesak Yamaha untuk membuktikan janji dan memberikannya motor yang lebih kompetitif. 

Setelah menjadi juara dunia 2021 dan runner up MotoGP 2022, Fabio Quartararo terseok-seok tahun ini. 

Rider asal Perancis itu baru satu kali naik podium pada balapan di Amerika. Hasil tersebut membuat ia berada di peringkat kesembilan klasemen MotoGP 2023. 

Quartararo mencatatkan 64 poin, berjarak 130 poin dari juara dunia musim lalu yaitu Francesco Bagnaia yang memuncaki klasemen. 

Baca juga: Jadwal MotoGP Inggris 2023, Marquez-Quartararo Luput dari Q2

Pebalap berjuluk El Diablo itu mengatakan, Yamaha selalu berjanji meningkatkan performa motor YZR-M1 yang ditungganginya. 

Namun, hal tersebut belum terbukti sebab Quartararo tidak merasakan perubahan apa pun. 

"Ini akan sangat penting bagi saya. Tiga tahun terakhir, saya banyak mendapat kata-kata dari Yamaha bahwa mereka akan menjadi lebih baik," katanya, dikutip dari Crash. 

"Namun, mereka tidak pernah benar-benar menunjukkanya dan saya tidak merasakannya di atas motor," ungkap Quartararo. 

Baca juga: Bagnaia Pimpin Klasemen MotoGP 2023 Jelang GP Inggris

Quartararo pun meminta Yamaha untuk tak lagi mengumbar janji. Ia menantikan perubahan itu pada tes di Sirkuit Misano yang bakal digelar pada 11 September 2023. 

"Saya tidak ingin lebih banyak kata-kata, saya ingin fakta. Saya ingin mengendarai motor dan merasa kami membuat langkah besar," ucapnya menegaskan. 

"Saya ingin mengendarainya di lintasan dan melihat peningkatan. Tes Misano akan menjadi tes terpenting tahun ini," tutur Quartararo. 

Fabio Quartararo juga belum menanjak pada MotoGP Inggris 2023 yang tengah berlangsung di Sirkuit Silverstone pada 4-6 Agustus. 

Baca juga: Quartararo Sulit Berpikir Positif Usai Kehilangan Gelar MotoGP: 99 Persen Negatif

Ia hanya finis di peringkat ke-11 pada sesi Practice yang menjadi penentu kelolosan pebalap ke kualifikasi dua (Q2). 

Hanya 10 rider tercepat pada sesi Practice berhak melaju otomatis ke Q2. Sementara itu, pebalap lainnya harus melewati Q1 terlebih dulu.  

Nantinya, dua pebalap terdepan pada Q1 berhak bergabung dengan 10 rider pada sesi Q2 untuk memperebutkan pole position atau posisi terdepan saat start. 

Dengan demikian, perjuangan Fabio Quartararo lebih panjang sebab ia harus bersaing pada Q1 untuk lolos ke Q2 demi berharap mendapatkan posisi terdepan. 

Sesi kualifikasi MotoGP Inggris 2023 bakal berlangsung sore ini pukul 16.50 WIB. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com