Kompas.com - 15/04/2021, 20:20 WIB
Pada Selasa (16/3/2021), Marc Marquez menjajal Sirkuit Barcelona-Catalunya menaiki motor Honda RC213V-S, motor jalanan yang terinspirasi oleh tunggangannya di dunia MotoGP. INSTAGRAM.com/marcmarquez93Pada Selasa (16/3/2021), Marc Marquez menjajal Sirkuit Barcelona-Catalunya menaiki motor Honda RC213V-S, motor jalanan yang terinspirasi oleh tunggangannya di dunia MotoGP.
|

KOMPAS.com - Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, disebut hanya butuh satu malam tidur nyenyak untuk mengukir comeback gemilang di MotoGP Portugal 2021.

Setelah absen selama 9 bulan karena cedera lengan kanan, Marc Marquez telah dinyatakan fit dan siap kembali menggeber motor Honda RC213V di MotoGP Portugal.

Rangkaian MotoGP Portugal akan dimulai dengan sesi free practice alias latihan bebas dan kualifikasi pada Jumat (16/4/2021) dan Sabtu (17/4/2021), lalu kemudian ditutup dengan balapan di hari Minggu (18/4/2021).

Pengamat MotoGP yang pernah berkompetisi di kelas 500cc, Simon Crafar, menyebut Marc Marquez bakal bisa langsung tampil menggebrak ketika comeback di lintasan Sirkuit Portimao, Portugal.

Simon Crafar menyebut Marc Marquez hanya butuh satu malam tidur nyenyak.

“Hari pertama kembali menunggangi motor sangat menguras mental dan fisik. Namun, setelah satu malam tidur nyenyak, tubuh dan pikiran akan cepat beradaptasi,” tulis Simon Crafar dalam kolomnya di situs resmi MotoGP.

Baca juga: Jadwal MotoGP Portugal 2021, Valentino Rossi dan Marc Marquez Jadi Sorotan

“Hari kedua , meskipun tubuh terasa pegal-pegal, kemampuan itu seperti tak pernah pergi,” tulis Simon Crafar lagi.

Lantaran durasi absen yang sangat panjang, tak sedikit pihak yang meragukan Marc Marquez bisa langsung tampil beringas seperti sedia kala saat mentas di MotoGP Portugal.

Menurut Simon Crafar, pemikiran tersebut sangat bisa dimengerti. Saat lama tak merasakan aroma kompetisi, seorang olahragawan akan mulai cemas.

Kondisi fisik sudah pasti turun mengingat latihan rutin tak bisa dilakukan lantaran kendala cedera.

Bahkan, ada pula kekhawatiran seorang atlet yang mengalami cedera panjang akan lupa segala teknik yang membawanya ke tangga juara.

“Namun, di dunia nyata, pebalap tidak lupa dengan keterampilan yang telah mereka asah selama bertahun-tahun, berusaha, merasakan, menjelajahi batasan, membangun pengetahuan serta koneksi dalam pikiran yang telah terbentuk sebagai reaksi naluriah,” tulis Simon Crafar.

Baca juga: MotoGP Portugal 2021, Ujian Pertama bagi Marc Marquez

Marc Marquez hanya perlu mengembalikan kembali ikatan antara dirinya dengan motor Honda bernomor 93 yang telah melahirkan enam titel juara dunia kelas MotoGP.

“Saya pikir Anda akan tiba pada kesimpulan yang sama dengan saya, bahwa hanya ada satu kemungkinan hasil, Marc sekali lagi akan mengejutkan kita semua,” demikian bunyi kalimat penutup dalam kolom Simon Crafar.


Sumber MotoGP
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X