Profil Pep Guardiola, Pelatih Otoriter yang Akrab dengan Rekor

Kompas.com - 15/04/2021, 18:20 WIB
Manajer Manchester City Pep Guardiola memberi isyarat saat pertandingan Liga Premier antara Newcastle United dan Manchester City di St. James Park Manajer Manchester City Pep Guardiola memberi isyarat saat pertandingan Liga Premier antara Newcastle United dan Manchester City di St. James Park

KOMPAS.com - Kiprah seorang Josep Guardiola Sala sebagai pelatih sepak bola menarik perhatian sejak menangani FC Barcelona.

Pep Guardiola resmi menangani FC Barcelona, klub peserta kompetisi teratas Liga Spanyol (LaLiga), pada awal musim 2008-2009.

Sebelumnya, Pep Guardiola baru memiliki pengalaman menjadi juru taktik tim Barcelona B selama setahun dari Juli 2007 hingga Juli 2008.

Namun, petinggi klub memberi kepercayaan kepada sosok asal Spanyol tersebut yang berkarier sebagai gelandang ketika masih aktif bermain.

Gagasan untuk membuat sebuah tim tampil dominan, menyerang, serta bermain disiplin dimiliki seorang Pep Guardiola sejak awal melatih Barcelona.

Untuk mewujudkan sebuah tim dapat bermain sesuai dengan gagasan idealnya, Pep Guardiola dikenal otoriter dalam menangani setiap pemain tanpa terkecuali.

Baca juga: Profil Karim Benzema, Bintang Real Madrid yang Sarat Kontroversi

Tuntutan besar diberikan Pep Guardiola bagi setiap pemain untuk disiplin berlatih dan bekerja keras, agar dapat memahami peran serta menerapkan taktik permainan dengan sempurna di lapangan.

“Sebagai pelatih, Pep Guardiola tidak akan melewatkan setiap detail dalam latihan sehingga seorang pemain harus fokus ketika berlatih,” kata mantan bek Barcelona, Marc Bartra, seperti dilansir dari laman The Athletic.

“Lalu, akan ada penjelasan kepada setiap pemain mengenai apa yang diharapkannya dari sebuah tim ketika bertanding sebagai pelatih dalam setiap latihan.”

Pendekatan tangan besi sosok Pep Guardiola ketika melatih para pemain dalam timnya, kerap membuahkan hasil manis.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X