Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Andrea Dovizioso Ungkap Satu Pebalap yang Lebih Berbakat dari Marc Marquez

Kompas.com - 26/12/2020, 17:40 WIB
Ervan Yudhi Tri Atmoko

Penulis

Sumber Speedweek

KOMPAS.com - Andrea Dovizioso mengungkapkan satu pebalap yang menurutnya lebih berbakat dari Marc Marquez. Pebalap yang dimaksud Dovizioso tak lain adalah Casey Stoner.

Dovizioso pernah menjadi rekan setim Stoner saat keduanya membela Repsol Honda pada 2011.

Pada musim tersebut, Stoner sukses meraih gelar juara dunia MotoGP. Sementara, Dovizioso mengakhiri musim di peringkat ketiga klasemen pebalap.

Di mata Dovizioso, sosok Casey Stoner adalah pebalap istimewa bukan hanya karena bakat yang ia miliki.

Baca juga: Pengakuan Andrea Dovizioso: Saya Tidak Menyukai Jorge Lorenzo karena...

"Sejauh ini, dia (Stoner) adalah yang paling berbakat. Di luar itu semua, dia juga berhasil memaksimalkan bakat yang ada dalam dirinya," ungkap Dovizioso dikutip dari Speedweek, Sabtu (26/12/2020).

"Anda tak bisa mengatakan bahwa Valentino Rossi tidak berbakat, tapi ketika Casey di lap pertama, bam! Itu adalah pertanda buruk bagi para pesaingnya," imbuh eks pebalap Ducati tersebut.

"Sepanjang kariernya, dia sangat bagus. Selain bakat, dia juga tahu bagaimana cara memanfaatkannya," tandasnya.

Dovizioso kemudian membandingkan Casey Stoner dengan Marc Marquez, meskipun dua pebalap MotoGP beda era itu tak pernah berduel langsung di lintasan.

Baca juga: Karena Ketenaran Rossi, Dovizioso Sebut Pebalap MotoGP Cuma Figuran

Dovizioso mengaku sulit untuk memilih antara Stoner dan Marquez.

Namun, menurut Dovizioso, Stoner sedikit lebih berbakat dari Marquez.

"Sulit untuk mengatakan apakah ada pebalap yang lebih berbakat dari Marc Marquez," ujar Dovizioso.

"Namun, dengan semua yang telah dia capai, orang-orang mungkin bisa berkata bahwa Casey sedikit lebih berbakat. Sejujurnya, itu sulit untuk dikatakan," tutur Dovizioso.

"Marc, untuk alasan berbeda, menjalani hidupnya dengan cara berbeda dari Casey. Dia tidak memiliki perselisihan atau situasi yang membuatnya tidak nyaman, seperti Casey," imbuhnya.

Pebalap Ducati, Andrea Dovizioso, sedang berdiskusi dengan Casey Stoner saat menjalani tes pramusim di Sirkuit Sepang, Selangor, Malaysia (28/1/2018).
DOK. DUCATI Pebalap Ducati, Andrea Dovizioso, sedang berdiskusi dengan Casey Stoner saat menjalani tes pramusim di Sirkuit Sepang, Selangor, Malaysia (28/1/2018).

Baca juga: Casey Stoner: Valentino Rossi Kini Menyedihkan

"Di sekelilingnya, segalanya jauh lebih mudah, santai, dan tenang. Itulah mengapa dia bisa memenangi begitu banyak kejuaraan dan akan memiliki karier yang sangat panjang," ucap Dovizioso.

Casey Stoner pensiun dari MotoGP pada 2012 saat usianya baru 27 tahun. Selama kariernya, pebalap asal Australia itu mengoleksi dua gelar juara kelas premier.

Adapun Marc Marquez merupakan pebalap andalan Repsol Honda pada masa kini, meski pada musim 2020 ia harus absen panjang akibat cedera retak tulang lengan kanan.

Sementara, Andrea Dovizioso yang tampil pada MotoGP 2020 bersama Ducati memutuskan cuti pada tahun depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com