Virus Corona Belum Terdeteksi di Argentina, MotoGP Tetap Bergulir

Kompas.com - 04/03/2020, 20:00 WIB
Marc Marquez dan Valentino Rossi finis di posisi dua teratas dalam MotoGP Argentina di Termas de Rio Hondo, 31 Maret 2019. AFP/JUAN MABROMATAMarc Marquez dan Valentino Rossi finis di posisi dua teratas dalam MotoGP Argentina di Termas de Rio Hondo, 31 Maret 2019.

KOMPAS.com - MotoGP Argentina pada akhir pekan 17-19 April 2020 sampai sekarang akan bergulir sesuai jadwal. Hal tersebut dipastikan oleh pihak penyelenggara balapan di negara Amerika Latin tersebut.

Penyebaran virus corona antara lain punya dampak masif ke agenda olahraga di seantero dunia. Laga-laga Liga Italia, Liga Europa, Liga Thailand, hingga terkini Shopee Liga 1 2020 juga terpengaruh.

Di dunia MotoGP, wabah virus corona telah membuat dua seri pembuka Kejuaraan Dunia MotoGP 2020, MotoGP Qatar dan MotoGP Thailand, ditunda.

Baca juga: Setelah MotoGP, WSBK Juga Tunda Balapan di Qatar Akibat Virus Corona

Musim MotoGP 2020 menurut rencana baru akan dimulai dengan MotoGP Americas pada 5 April 2020.

MotoGP Argentina akan bergulir setelah seri di Sirkuit Austin tersebut.

MotorSport Italia melaporkan kalau para penyelenggara MotoGP Argentina sejauh ini masih yakin seri di negara mereka akan bergulir.

Argentina memang satu dari sedikit negara di dunia yang belum melaporkan adanya kasus positif Covid-19.

Orlando Terranova, managing director OSD Group, selaku promotor MotoGP Argentina bersama dengan managing director Dorna, Carmelo Ezpelata, mengonfirmasi kalau balapan di Sirkuit Termas de Rio Hondo akan tetap bergulir sesuai jadwal awal.

Baca juga: Seri Pembuka MotoGP 2020 Ditunda, Valentino Rossi Bikin Acara Balap Pribadi

"Sekarang ini, Argentina belum memasang larangan terkait virus corona dan belum ada problem kesehatan Covid-19 di negara tersebut berkat protokol keamanan yang diterapkan oleh Kementerian Kesehatan negara Amerika Selatan tersebut," tutur Terranova di MotorSport Italia.

"Kasus di Qatar dan Thailand berbeda, karena masing-masing negara telah menerapkan pencegahan bepergian dan larangan kedatangan bagi orang-orang dari Italia, salah satu negara yang baru saja mengumumkan beberapa kasus tambahan."

"Banyak staff Italia di sirkus MotoGP. Akan tetapi, sangat mudah bagi organisasi untuk menyaring setiap orang. Sebagai tambahan, tim-tim akan merawat secara khusus para anggota mereka yang mungkin menunjukkan tanda-tanda sedang sakit serta mengambil aksi yang diperlukan," lanjutnya.

"MotoGP Argentina akan diadakan sesuai jadwal dan tetap menjadi bagian dari kalendar 2020," tutur Terranova menutup.

Akan tetapi, MotorSport Italia juga menekankan bahwa komunikasi serupa juga diluncurkan oleh para penyelenggara MotoGP Thailand tetapi mereka lalu langsung berubah haluan setelah mendapat instruksi dari pemerintah lokal.

Oleh karena itu, perkembangan dalam beberapa pekan ke depan patut terus dipantau.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X