Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Hasil Kualifikasi MotoGP Amerika: Jorge Martin Cetak Rekor, Ducati Berkuasa, Marquez Tercecer

AUSTIN, KOMPAS.com - Jorge Martin (Pramac Racing) keluar sebagai pebalap tercepat pada sesi kualifikasi MotoGP Amerika atau MotoGP Americas 2022.

Kualifikasi MotoGP Amerika 2022 berlangsung di Circut of The Americas (COTA) pada Minggu (10/4/2022) dini hari WIB.

Jorge Martin merebut pole position seusai mengukir waktu lap 2 menit 2,039 detik.

Catatan waktu tersebut membuat Jorge Martin mengalahkan rekor lap Marc Marquez (Repsol Honda), yakni 2 menit 2,135 detik, yang dibuat pada 2015.

Ini adalah keberhasilan kelima Jorge Martin meraih pole position dalam kariernya sebagai pebalap MotoGP.

Jorge Martin juga mempertahankan statusnya sebagai satu-satunya pebalap yang selalu memulai balapan dari grid terdepan atau front row pada Kejuaraan Dunia MotoGP musim ini.

Jorge Martin akan memulai balapan MotoGP Amerika 2022 dari grid terdepan ditemani oleh duo Ducati Lenovo, yakni Jack Miller dan Francesco Bagnaia.

Di belakang mereka, berjejer dua pebalap Ducati lain: Johann Zarco (Pramac), Enea Bastianini (Gresini. Alhasil, 5 Ducati akan memulai balapan di posisi terdepan untuk kali pertama sepanjang sejarah kelas premier.

Adapun The King of COTA, Marc Marquez harus puas menempati urutan ke-9. Ini adalah hasil kualifikasi terburuk Marc Marquez di COTA.

Di sisi lain, Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) yang sempat mengalami crash di Tikungan 9 nantinya harus memulai balapan dari grid kedua tepatnya urutan keenam.

Jalannya Kualifikasi MotoGP Amerika 2022:

Kualifkasi MotoGP Amerika 2022 dimulai dengan sesi Q1. Tiga besar balapan MotoGP Argentina 2022 pekan lalu kali ini harus memulai Kualifikasi MotoGP Amerika dari Q1.

Mereka adalah Aleix Espargaro (Aprlia Racing), Jorge Martin (Pramac Racing), dan Alex Rins (Suzuki Ecstar).

Pebalap top lainnya yang harus berjuang dari Q1 MotoGP Amerika 2022 adaah Franco Morbidelli (Monster Energy Yamaha), Maverick Vinales (Aprilia Racing), hingga Miguel Oliveira (Red Bull KTM).

Pada awal sesi Q1, Darryn Binder (WithU Yamaha RNF) tergelincir keluar lintasan ketika mencoba berbelok di Tikungan 3.

Setelah yellow flag ditarik, Alex Rins langsung memimpin sesi Q1 berkat waktu lap 2 menit 02,723 detik.

Alex Rins memimpin dengan keunggulan 0,199 detik atas Alex Espargaro di urutan kedua.

Tidak lama berselang, Jorge Martin yang menggaunakan setelan ban medium-soft sukses mengambil alih pimpinan Q1 dengan catatan waktu 2 menit 02,487 detik.

Tepat pada menit ke-12, Aleix Espargaro mengalami crash di Tikungan 8. Jorge Martin dan Alex Rins saat itu masih menempati dua besar sesi Q1.

Berlanjut ke Q2, Jack Miller (Ducati Lenovo) langsung memimpin dengan catatan waktu 2 menit 2,327 detik. Jack Miller memimpin diikuti oleh rekan satu timnya, Francesco Bagnaia, dan Jorge Martin.

Tepat pada menit ke-8, Fabio Quartararo mengalami crash di Tikungan 19. 

Quartararo menjadi pebalap kedua yang mengalami crash pada sesi Q2 MotoGP Amerika 2022 setelah Enea Bastianini (Gresini Racing).

Setelah 10 menit Q2 berjalan, Jack Miller masih memimpin diikuti oleh Bagnaia. 

Menjelang akhir Q2, Bagnaia berhasil mengambil alih pimpinan dengan catatan waktu 2 menit 2,167 detik.

Dua menit berselang, Jack Miller kembali memimpin Q2.  Pada satu menit terakhir, Jorge Martin sukses mengalahkan waktup lap Jack Miller.

Jorge Martin pada akhirnya sukses merebut pole position MotoGP Amerika 2022 dengan catatan waktu 2 menit 2,039 detik.

https://www.kompas.com/motogp/read/2022/04/10/03034638/hasil-kualifikasi-motogp-amerika-jorge-martin-cetak-rekor-ducati-berkuasa

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke