Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Johann Zarco: Hujan Tingkatkan Kondisi Lintasan Sirkuit Mandalika

KOMPAS.com - Johann Zarco menilai bahwa hujan turut andil dalam meningkatkan kondisi lintasan Sirkuit Mandalika yang baru diaspal ulang.

Sebagaimana diketahui, lintasan Sirkuit Mandalika diaspal ulang karena sempat kotor dan berdebu saat menggelar tes pramusim MotoGP 2022, Februari lalu.

Di beberapa titik, aspal lintasan Sirkuit Mandalika juga mengelupas dan itu dikeluhkan oleh sebagian pebalap.

Setelah dilakuakan pengaspalan ulang, Sirkuit Mandalika mendapat homologasi grade A dari Federasi Olahraga Motor Dunia (FIM).

Artinya, sirkuit yang memiliki nama Pertamina Mandalika International Street Circuit itu layak menggelar balapan bertaraf internasional.

Sirkuit Mandalika akhirnya bisa menjadi tuan rumah rangkaian seri balap MotoGP Indonesia pada 18-20 Maret 2022.

Pada race day, Minggu (20/3/2022) hujan turun dengan derasnya beberapa menit sebelum balapan kelas utama dimulai. Akibatnya, balapan pun ditunda.

Semula, balapan MotoGP Mandalika dijadwalkan start pada pukul 14.00 WIB, kemudian diundur ke pukul 15.15 WIB.

Selain itu, jumlah lap juga dikurangi dari 27 menjadi 20 putaran.

Saat balapan dimulai, lintasan Sirkuit Mandalika masih basah. Terlihat juga ada genangan minor di beberapa titik.

Menurut pebalap Pramac Racing Ducati Johann Zarco hujan di Sirkuit Mandalika adalah sesuatu yang positif.

Zarco berpendapat bahwa hujan turut andil dalam meningkatkan kondisi lintasan Sirkuit Mandalika yang belum lama diaspal ulang.

"Hujan mungkin menjadi hal yang positif, sekaligus memperpendek balapan," ucap Zarco, dikutip dari Motosan, Senin (21/3/2022).

"Saya pikir masalahnya di sini adalah kondisi cuaca, yang tidak memungkinkan untuk pengaspalan yang tepat," tuturnya menambahkan.

"Namun, secara pribadi saya berpendapat bahwa hujan telah memperbaiki kondisi trek di beberapa tempat," ucap rider asal Perancis itu.

Johann Zarco menyelesaikan race MotoGP Mandalika di urutan ketiga. Dia finis di belakang pemenang Miguel Oliveira (Red Bull KTM) dan Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) di peringkat kedua.

https://www.kompas.com/motogp/read/2022/03/21/15200088/johann-zarco--hujan-tingkatkan-kondisi-lintasan-sirkuit-mandalika

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke